Kalor, Perubahan Suhu-Wujud dan Asas Black (2)

gelas gas

Setiap benda yang menerima sejumlah kalor, maka kemungkinan terjadi tiga hal, yaitu suhu benda akan naik, benda mengalami pemuaian atau benda mengalami perubahan wujud. Kalor merupakan salah satu bentuk energi; dengan kata lain kalor merupakan energi yang ditransfer dari satu benda ke benda yang lain. Gagasan ini (kalor sebagai energi) pertama diselidiki oleh James Prescott Joule (1818 – 1898).
Jika pada tulisan sebelumnya, telah disediakan bahan tentang pemuaian, yaitu : Suhu dan Pemuaian (1), yang merupakan salah satu efek dari pemberian kalor, maka pada materi ini,Kalor – Asas Black – Perubahan Wujud Zat (2); disediakan bahan ajar tentang pengaruh pemberian kalor yang menyebabkan perubahan suhu dan perubahan wujud. Disamping itu juga di dibahas tentang asas Black, karena konsep asas Black ini selalu terkait dengan pembahasan kalor.
Siswa/i sebenarnya bisa saja hanya mendiskusikan saja materi ini, karena toh materi ini pernah dipelajari di SLTP/MTs. Bedanya mungkin, hanya pada tingkat kesulitan soal saja, atau jangan-jangan contoh-contoh soal disini juga sudah dipelajari di SMP/Mts-nya, dan kalau begitu ya alhamdulillah….. Namun demikian, toh mengulang-ngulang materi kajian kan juga kan tidak ada salahnya.

About these ads

30 Tanggapan

  1. Assalamu Alaikum….
    Trima kasih atas materinya pak….

    • assalamualaikum pa
      aq ada PR suruh ngerjain.PR-nya tentang kalor lepas=kalor terima

      pa bisa ngebantuin g…
      makasiih ya….

      • wa’alaykumussalam warrohmatulloh…
        insya Allah, tpi bgusnya via ym sj, kn ada ym sy disamping; nnti pas sy online kan bisa diskusi…

  2. assalamualaikum,,
    pak,
    sekedar memberi saran,
    gimana kalo bapak bikin blog khusus rohis?

    trims,,,

  3. ass,… pak pinjem gambarnya buat animasi powerpoint tuk ngajar. matur nuwun.

  4. ass, mAkasih banyak teoryn nya, dari tadi aku cari baru ini yang sesuai ma teori di sekolah aku… semoga aku jadi tambah ngerti AMIN…

    • to Fauziah
      Wa’alaykumussalam warrahmatullah…
      Alhamdulillah jika bermanfaat;
      mohon dikoreksi kalau ada yang salah, rasanya kemarin ada;

  5. pak.. saya disuruh buat makalah tentang perubahan suhu, saya memang sudah melakukan pratikum yang saya butuhkan disini adalah tentang perbandinga teorinya, tapi mengapa disini tidak dijelaskan sama sekali. padahal judulnya menarik untuk dijadikan pembahasan. sungguh menyedihkan.

    • to: khurriya Al Authina
      hmm…
      untuk teorinya memang sengaja tidak sy buat lagi, kan materi ini sudah dipelajari di smp?
      tapi di googling ke wikipedia, mudah2an ada disana…

  6. makasih atas pnjelasan di atas….saya sngat terbantu..

  7. MASIH KURANG LENGKAP TAMBAHIN DUNK…………………………………………………………….MATERINYA

  8. ada nggak sih buku fisika lengkap elektronik?

    • mksudnya buku elektronik tentang apanya? untuk tingkatnya? mksudnya sma? smk? atau hobi?
      siapa tahu saya bisa bantu;

  9. e kayaknya kurang lengkap ditambah rumus – rumusnya sekalian agar lebih mudah dipahamin yah, terimakasih.

  10. makasi banyak pakk.

  11. maaaf tolong dilengkapi sihh gwa butuh niccch

  12. makasih pak. Tapi bapak punya blog ga ? buat soal smp

  13. asslmwrwb.materi selain kalor jg dunk pak,ky’ materi sma.

  14. n kalor antara air dan es maka tentukan;
    a. suhu akhir campuran.
    b. massa es yg mlbur.

  15. pak formatnya ada yg doc nggak?.

    • Maaf Pak Anwar, hampir semua data dokumen saya untuk pengolah kata berekstensi odt bukan doc, karena saya menggunakan openoffice (dulu) dan sekarang Libreoffice.

  16. Assalamualaikum
    saya ingin bertanya pak apa pendapat bpk tentang hubungan kalorimeter dengan kalor jenis? sya punya tugas masih bingung menjawabnya trims.

    • wa’alaykumussalam warrohmatulloh…
      maaf, baru bsa dibalas.
      kalorimeter merupakan salah satu alat untuk mengukur/menghitung kalor jenis suatu zat. Kalorimeter secara umum merupakan suatu alat yang diharapkan tidak ada panas yang masuk atau keluar didalam sistem, contoh sederhana kalorimeter dirumah kita adalah termos. alat ini bisa juga digunakan utk mnghitung kalor jenis zat.
      Pada perhitungan tertentu, dikarenakan terkadang sulit menghitung massa kalorimeter, dikenal juga istilah kapasitas kalor. Jadi trkadang dalam perhitungan, kalor yang digunakan oleh kalaorimeter (Q) bisa menggunakan kalor jenis, massanya dan perubahan suhu; atau menggunakan kapasitas kalor dan perubahan suhu. Karena kapasitas kalor dapat dhitung dengan massa x kalor jenis.
      Mudah2an bermanfaat….

  17. Kok gak ada ya ?

  18. pak saya pinjem gambarnya sebentar

  19. assalamu.alayqum.. . . sya ad tgs nhe ttg perubahan suhu pd sifat zat yg pdat.. .. .dgn pnjlsan d ats msih blum mgrti.. .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 43 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: