Persamaan Gerak (1) : Materi Awal Fisika Kelas XI

hkg-rhis

Sebelumnya saya mengucapkan selamat kepada siswa-siswi kelas X-10 (kelas akselerasi di sman 8 pekanbaru), atau selesainya ujian semester genap kelas X, mudah-mudahan bisa mendapatkan nilai yang terbaik dari Allah Subhana Wa Ta’ala melalui guru-guru. Nilai yang terbaik ini sebenarnya bukan nilai yang tinggi saja, tetapi nilai yang terbaik adalah merupakan akumulasi dari segala amal usaha yang telah dilakukan selama belajar, doa dan ketentuan-Nya. Karena hanya Allah-lah yang tahu, seberapa pantas kita mendapatkan nilai tersebut.
Apa sebenarnya persamaan gerak? Beberapa buku menuliskan dua kata tersebut sebagai judul bab yang mempelajari tentang standar kompetensi pertama di kelas XI; dan saya juga mengikuti dengan memberi nama yang sama. Materi persamana gerak (yang bisa didownload diakhir postingan ini) membahas bagaimana menganalisa gejala-gejala alam yang berkaitan dengan gerak, cuma objek yang bergerak itu adalah benda titik, artinya bendanya dianggap sebagai sebuah titik.
Ada beberapa prasyarat yang harus dimiliki siswa untuk mempelajari materi ini, diantaranya adalah mengenai persamaan diferensial (turunan) dan integral. Dari cerita-cerita guru matematika, materi ini belum dipelajari oleh mereka, tapi nanti; dan itu bisa jadi setelah materi persamaan gerak ini selesai, karena itu diawal materi pelajaran, ada sedikit bahasan tentang keduanya. Tidak lengkap memang, tapi itu saya rasa sudah mencukupi untuk sekedar membantu menyelesaikan beberapa hal yang berkaitan dengan persoalan persamaan gerak. Sebab jika ditunggu siswa untuk mempelajari tentang diferensial dan integral secara lebih komprehensif melalui matematika, lalu kapan belajar fisikanya, karena beberapa materi selanjutnya ada keterkaitan dengan materi ini. Disamping itu, materi ini sebenarnya belum selesai, seperti halnya materi-materi yang sudah saya uploadkan di blog ini, cuma yang ini jauh lebih belum selesai; beberapa contoh belum sempat saya masukan kesini, mudah-mudahan suatu saat nanti saya diberi kesempatan untuk melengkapinya.

Akhirnya, ya selamat mendownload materi awal kelas sebelas ini disini:
Persamaan gerak (1) : download disini

Untuk siswa kelas X-10 (maaf, saya masih menyebut kelas sepuluh, bukan sebelas); ini sebenarnya materi untuk kelas sebelas, meskipun sudah ujian semester genap kelas sepuluh baru-baru ini; tapi secara de-facto kan belum ada ketetapan yang menyatakan bahwa kalian itu naik ke kelas sebelas; jadi sebenarnya sambil menunggu rapor, kan gak ada salahnya mempelajari materi ini.

About these ads

7 Tanggapan

  1. assalamualaikum,pak..
    bagaimana hasil ujian kami pak?
    hari senin langsung belajar materi baru pak?
    makasiih pak atas materinya..

  2. assalamualaikum,pak..
    pk,saya masih SMP,sedang mempelajari tentang tekanan, tp bahan ajar bapak disini belum ada ya? saya mau tanya tentang Tekanan udara (Torricelli). tolong di kirim ke e-mail saya ya pak..
    terimakasih..
    wassalam..

  3. Assalamualakum Pak

    Wah, Pak, terima kasih materinya
    INsya Allah berguna untuk saya

    Wassalam

  4. makasiii Beh..

    skrg kand skolah luama bgt ni ngasih distribusi buku ny..
    ini sangat membantu, palagi besok ulgan..
    nice site, good luck

    wsslm..

  5. pak minta mater fisika kelas xii semester 1 dunk…
    makasih…

  6. Trims saudara atas materinya semoga bisa digunakan untu bahan refrensi mengajar

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 44 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: