Tips Belajar Fisika, Agar Fisika Kelihatan Mudah

kartun fisika 1Lagi-lagi pertanyaan ini. “Gimana sih, supaya bisa fisika?” atau “Fisika kok susah ya?” Pertanyaan yang hampir selalu dilontarkan oleh peserta didik, ketika saya mengajar fisika. Mungkin sudah takdir bagi saya sebagai guru fisika. Agak lumayan ketika semester kemarin mengajar geografi; pertanyaan ini hampir tidak pernah terlontar. Atau mungkin karena saya saja yang kurang pandai mengajarnya. Dan atas pertanyaan itu sampai saat ini belum ada jawaban yang saya lontarkan paling cuma berkomentar sedikit, tapi saya pikir belum sampai kepada inti permasalahannya. Paling cuma jawaban klise begini: “fisika itu nggak sulit, asal….” Nah disinilah letak masalahnya, saya menganggap bahwa keadaan, kemampuan dan bakat peserta didik itu sama, padahal sulit dan mudahnya itu kan relatif. Fisika itu bisa dianggap sulit, dan bisa juga dianggap mudah. Terlalu banyak faktor yang mempengaruhinya. Tidak percaya? Coba saja tanyakan kepada teman kita yang waktu ujian kemarin dapat nilai 100,00. Meski mereka mendapatkan nilai sempurna, tetap saja ada sebagian dari mereka menjawab bahwa fisika itu tetap sulit. Jadi relatif kan?
Karena serba relatif itulah, saya sampai sekarang juga sulit menentukan kadar kesulitan fisika. Entah sulit, entah tidak. Karena saya tidak mau dianggap berbohong ketika mengatakan fisika itu mudah, padahal fisika itu adalah pelajaran yang sulit! Lha? Yup, fisika itu memang pelajaran yang sulit. Kenapa mesti dikatakan mudah? Tapi kalau saya katakan fisika itu sulit, kadang saya juga dianggap sombong dan sekaligus berbohong, habis untuk beberapa soal yang ditanyakan ke peserta didik, saya terkadang kelihatan mudah saja menjawab. Nah, bingung kan?
Untuk sekarang ini, saya mencoba memposisikan diri dikelompok yang mayoritas, yaitu mazhab yang mengatakan bahwa fisika itu sulit. Tetapi, perlu diingat! Bahwa tidak semua yang sulit itu tidak menyenangkan. Tidak semua yang sulit itu tidak menarik. Tidak semua yang sulit itu tidak bertaburkan keindahan. Tidak semua yang sulit itu tidak bisa dicapai. Karena biasanya sesuatu yang diperoleh dengan sedikit bersulit-sulit, akan memperoleh kepuasan yang lebih. Seperti hadist tentang puasa, dari Abu Hurairah radhiallahu `anhu, dia bercerita, Rasulullah shallallhu `alayhi wasallam bersabda, “Setiap amal anak Adam akan dibalas berlipat ganda. Kebaikan dibalas sepuluh kali lipatnya sampai 700 kali lipat. Allah Ta`ala berfirman, `Kecuali puasa, di mana puasa itu adalah untuk diri-Ku dan Aku akan membalasnya. Dia meninggalkan nafsu syahwat dan makanan demi diri-Ku. Dan orang yang berpuasa itu memiliki dua kegembiraan; kegembiraan saat berbuka dan kegembiraan saat berjumpa dengan Rabbnya. Dan sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kesturi” (HR. al-Bukhari dan Muslim, lafazh di atas bagi Muslim)). Seperti kegembiraan yang tiba-tiba muncul dan menyeruak ketika selesai ujian kemarin kita mendapatkan nilai tinggi setelah bertungkus lumus belajar fisika. Begitulah….
kartun fisika 2Seorang dosen saya pernah bertutur begini, “belajar Fisika itu, sama saja dengan belajar yang lainnya. Yang membedakan hanyalah bidang yang dipelajarinya!” Percaya dengan teori ini? Sama, saya juga nggak percaya. Belajar kimia ya berbeda dengan belajar fisika, apalagi belajar seni budaya dengan belajar fisika (gaya dalam seni budaya kan style, sedang dalam fisika kan force, berbeda kan? Karena itu, tips-tips dibawah ini, bisa jadi hanya dipakai untuk belajar fisika, atau sebagian bisa dipakai untuk belajar yang lain. Kalau untuk tips belajar yang lain, mudah-mudahan saya sempat menuliskan dan menguploadnya.
Dalam tulisan ini, ada sedikit tips-tips (dibuat 8 agar sesuai dengan sekolah kita), bagaimana fisika yang sulit ini, jadi ‘kelihatan’ mudah. Ingat, ‘kelihatan’. Bukan aslinya. Karena ukuran mudah disini adalah ukuran mudah untuk orang umum. Bukan mudah untuk orang perorang. Dan tips ini hanya berkaitan dengan yang bersifat teknis, sedangkan untuk psikisnya itu berbeda.

1.   Pahami terlebih dahulu pokok bahasan atau materi yang akan dipelajari
Artinya, pahami terlebih dahulu, apa sih yang akan dipelajari? Apa gunanya? Ada tidak relevansinya dengan kehidupan kita? Jika itu belum terjawab, tanyakan terlebih dahulu kepada guru; karena bisa jadi ada yang terlupa disampaikan. Atau bisa juga mencari informasi dari buku-buku atau bacaan lain. Karena, ibarat perang; masa kita nggak tahu kayak apa musuh yang akan kita hadapi. Karena semakin banyak kita mendapatkan informasi tentang musuh kita, kita akan mudah menundukannya, dan menjadikannya sebagai mitra kita untuk berkoalisi untuk menghadapi musuh lain. (hm, bukan bermaksud mengajari berpolitisi).

2. Hubungkan materi yang akan dipelajari dengan materi pendukungnya yang sudah diketahui
Terkadang beberapa guru (lagi-lagi guru), sering lupa menghubungkan materi yang baru dengan materi yang lama; padahal keduanya ada berhubungan cukup erat. Seolah-olah materi yang akan dipelajari ini terlepas dari materi yang sudah-sudah. Jadi, jika ada materi baru, tanyakan kepada guru, kira-kira apa kaitannya dengan masa lalu. Hal ini akan memudahkan kita menarik benang merah hubungan antara keduanya.

3. Jangan menghafal rumus, tapi pahami dari mana rumus itu berasal (konsepnya).
Dimengertilah dahulu alur rumus dari konsep awal sampai menjadi rumus akhir. Tujuannya adalah supaya kita mengerti darimana rumus-rumus itu berasal, semenjak konsep yang mendasarinya sampai menjadi rumus akhir, kecuali beberapa rumus yang sudah merupakan definisi dan rumus ini biasanya sangat sederhana. Setelah kita mengerti rumus tersebut, adalah hal yang sangat mudah untuk menghapal rumus tersebut. Bahkan, based on my experience, kita bahkan nantinya tidak perlu menghapal rumus tersebut lagi, karena akan terhapal dengan sendirinya. Ingat, sebaiknya kita jangan terburu menghafal rumus, apapun itu. Memang kadang beberapa orang guru tidak menjelaskan konsep fisika dengan baik, tapi hanya disodorkan rumus. Secara tidak langsung kita disuruh menghafal rumus. Terkadang lagi mereka menamakan rumus superlah, rumus raja, rumus ini itu, dengan nama yang keren-keren agar menarik. Ini gawat! mereka menjebak kita. Serius… kita akan sering terjebak ketika menemukan soal yang tidak cocok dengan satu rumus pun. Padahal kita punya hafalan banyak koleksi rumus.
kartun fisika 5Misalnya, kita belajar vektor kemarin, tentang proyeksi vektor. Bukankah tidak selalu bahwa Fx = F cos teta? Bagaimana kita sebelumnya berekreasi ke lembah matematika mencari si-trigonometeri, yang pernah dikenalkan kepada kita waktu smp, untuk memahamkan bahwa panjang proyeksi vektor itu ternyata hanya aplikasi dan modifikasi tentang rumus sudut-sudut pada segitiga siku-siku. Dan konon kabarnya ini telah kita pelajari waktu smp. Bukan rumus baru!
Rumus yang dihafal dan dimengerti darimana ia berasal akan mudah untuk selalu diingat dan dipanggil dari memori kita saat kita terlupa; berbeda jika menghafal rumus itu dengan membabi buta, akan terbolak-bali begitu kita akan mengingat-ngingat kembali.
Keindahan fisika sebenarnya terletak pada konsep, yang selama ini sering ditelantarkan. Dengan memahami konsep secara baik (dan benar), kita dapat menjelaskan berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan ilmu fisika. Dengan memahami konsep secara baik dan benar, rumus-rumus yang sulit dengan sendirinya akan terpahami dengan mudah.
Yakinlah, jika kita telah mengerti konsep dengan baik dan benar; serta paham dengan penurunan dan aplikasi rumus itu, insya Allah pelajaran fisikan adalah sesuatu yang selalu kita rindukan setiap hari.

4. Pelajari mulai dari tingkat paling dasar dari materi yang dipelajari.
Biasanya (terutama dalam pelajaran SMA), rumus-rumus fisika di buku yang kelihatannya sangat rumit sebenarnya berasal dari konsep yang sederhana. Misalnya konsep tentang gaya, atau tentang energi, yang diturunkan menjadi rumus akhir yang dibutuhkan. Pelajari konsep2 tersebut dahulu, sebelum pergi ke rumus akhir. Nah, beberapa guru (maaf tidak semua) sering menerangkan atau mengajarkan materi mulai dari yang mudah, yang biasanya ada relevansi dengan materi yang sebelumnya atau selanjutnya, baru kemudian ke materi yang tingkat tinggi.

5. Latihlah pemahaman dengan mengerjakan soal, dan mulailah dari soal yang paling mudah
kartun fisika 6Ketika menghadapi musuh, kita perlu yang namanya keberanian. Bagi yang penakut, maka dia dikatakan sudah kalah sebelum bertempur. Karena itu coba jurus-jurus (pemahaman) yang telah diberikan oleh sang guru untuk mencoba menaklukan beberapa soal. Cobalah berani. Mulai dari soal-soal yang kita anggap atau kelihatan mudah. Jika kita ragu, minta pilihkan dengan guru, soal mana yang sebaiknya terlebih dahulu kita kerjakan. Kemenangan demi kemenangan dalam menaklukan beberapa soal menjadikan suatu pengalaman yang sulit terlupakan. Dan ini akan menjadi suatu ekstase yang mencandukan.

6. Kembangkan ke soal yang lebih sulit agar pengetahuan lebih mendalam.
Jangan selalu terbuai dengan kemenangan-kemenangan menghadapi lawan yang lebih lemah. Kemenangan yang seperti itu, meski berguna untuk meningkatkan motivasi; namun tidak menguji kita dengan sebenarnya. Cobalah, mulai berkenalan dengan soal-soal yang lebih sulit, atau bervariasi. Keberhasilan kita menaklukan soal dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi akan membawa suatu kenikmatan yang berbeda.
Perlu kita ingat, bahwa ada lima kompetensi yang sebaiknya kita miliki untuk melihat kepahaman kita dalam mempelajari fisika, yaitu mengerjakan soal-soal fisika dalam satu langkah; mengerjakan soal dalam beberapa langkah; menggambar sketsa; menggambar grafik dan mengubah variabel.

kartun fisika 37. Seringlah berlatih dengan mengerjakan banyak soal, semakin banyak soal yang dikerjakan maka semakin mengerti kita tentang materi fisika.
Mengapa mengerjakan latihan soal sesering mungkin ? Kalau kita sering mengerjakan soal fisika, dengan sendirinya rumus diingat, dan akan terhapal dengan sendirinya. Kita juga semakin memahami konsep fisika. Ingat waktu pertama kali belajar makan, bolak-balik makanan itu berlepotan di mulut kita (dan alhamdullillah ibu kita mengajari dengan kesabaran yang luar biasa), tapi karena itu berulang-ulang akhirnya kita mahir makan dan tidak akan pernah akan ketinggalan jika diajak makan. Ketika kita belajar naik sepeda? rasanya sangat sulit sekali dan menakutkan. Kita bahkan mungkin jatuh berulangkali, tapi kemdian? Sama saja dengan fisika. Jika kita sering latihan soal, kepiawaian kita makin tinggi.

8. Katakan “Itu Sulit, Tapi Insya Allah Saya Bisa”; bukan kata “Itu Saya Insya Allah Bisa, Tapi Sulit”.
Lha apa bedanya dari dua kalimat itu? Jelas Beda. Pada kalimat pertama ada sedikit optimisme dan keyakinan. Sedangkan kalimat kedua ada perasaan pesimisme yang dibalut dengan keraguan; kalimat ini seolah-olah sudah membuat dinding pembatas bagi kita untuk berbuat; kalimat ini seolah-olah memberati kaki kita untuk melangkah. Sedangkan kata-kata Itu Sulit, Tetapi Insya Allah Saya Bisa akan memotivasi kita untuk selalu berbuat dan berusaha. Kata-kata ini kan menjelaskan bahwa fisika itu sifatnya memang sulit, tapi insya Allah kita bisa.

kartun fisika 4

Begitulah kira-kira, sedikit sumbang saran. Apakah masih berpendapat bahwa fisika itu mudah? Eh, sulit maksudnya? Jika demikian, bagaimana jika kita saling membantu untuk membuat agar fisika itu kelihatan mudah? Seperti dahulu, ketika pertama kali saya akan mendaki gunung, melihat gunung yang sedemikian tinggi, rumit, malam-malam lagi perjalanannya. Setelah didaki, ternyata memang gunung tersebut tinggi, sukar, dingin, mengerikan, tapi….. setelah dipuncaknya sungguh menyenangkan! Kita belajar dan ternyata kita mampu untuk bisa menaklukan ego diri agar tidak cepat patah semangat, kita bisa berlatih tolong menolong, kita bisa menikmati dan mentadaburi keindahan ciptaan-Nya, kita bisa….!

Begitulah, sedikit tips, jika ada yang mau menambah, atau nggak setuju, silakan saja dikomentari. Mudah-mudahan bermanfaat. Selamat belajar fisika!

About these ads

65 Tanggapan

  1. Assalamualaikum Pak,

    Mau tanya

    Gambar-gambar tu pak dapat dari mana pak?

    kok dapat gtu yang sesuai dengan materinya,,

    oya makasih tips nya pak, mudah2an bisa diterapkan kediri saya sendiri

  2. assalamu’alaikum pak,,

    tips nya mmbntu bnget tu pak,,
    jadi cra mdah mmpljari fska sprti itu ya pak??

    insya Allah,,
    sya bakalan cba pak,,
    mksih ya pak,,

    asslmu’alaikum,,

  3. assalamualaikum pak,
    sehat pak??
    adit sekarang belajar fisika dasar 1, tentang termodinamika pak..
    doakn sukses ya pak,
    begitu juga dengan mata kuliah lainnya, :)

    • Wa’alaykumussalam warrohmatullahi….
      saya alhamdulillah….
      Semoga sukses dan bermanfaat ilmunya…
      kalau pulang; jangan lupa mampir ke mushola

  4. assalamualaikum wr.wb.
    pak, jadinya bhan termo am yg rotasi bsok pak??
    trus klo ad yg g ngerti gmn pak???

    • wa’alaykumussalam wr. wb…
      rencana hari sabtu baru saya uploadkan; sekarang sedang saya rapikan….
      kalau ada yang gak ngerti ya ditanyakan saja..

  5. terimakasih, sambil browsing, membaca, tambah ilmu, tambah pengalaman berbagi yg belum kita ketahui.. salam kenal :) semoga banyak fisikawan tercipta dari cara seperti ini.

    jujur salut dan senang dengan artikel yang anda cantumkan, dalam hati lega, masih banyak orang yang berbagi untuk mempelajari fisika :) salam Kenal…

  6. satu hal pak tulisannya banyak banget, sy sampe males bacanya.
    tapi gambarnya cukup bagus kok

  7. Assalamu’alaikum pak..

    Sedikit ada penyesalan kenapa baru baca tulisan bapak sekarang..
    Insya Allah dengan menerapkan tips itu saya jadi bisa ngerti pelajaran fisika yang selalu saya anggap sulit.

    Awalnya saya kira karna (mungkin) saya pernah berbuat salah sama bapak makanya saya gak ngerti.
    Kata Mam Nursri beliau pernah tidak mengerti suatu pelajaran. Makanya hendak minta maaf sama guru tersebut tapi beliau si guru sudah almarhum.. :(
    (Saya juga berniat ingin mengutarakan maaf saya, ta[pi saya takut..) :D

    Saya rasa saya belum melakukan tips nomor 5-7 karena menganggap fisika itu sudah sangat susah dari awalnya.
    Alhasil bapak bisa lihat Hand Out saya kosong bersih samasekali dari coret-coretan jawaban.

    Demikian comment saya pak.
    Wassalam.

    • wa’alaykasalam warrohmatullohi wabarokatuh….
      hm… gak apa2 terlambat, tips ini juga kira2 saya, belum tentu mutlak benarnya
      tapi gak ada salahnya mencoba kan?
      mudah2an ketika nanti melihat fisika, fisika sudah kelihatan mudah ya…

  8. relatif…
    betul Pak,saya setuju dengan kata itu. dulu,sewaktu sekolah..saya menganggap fisika adalah pelajaran yang sulit dan nilai fisika saya pun jauh dari memuaskan,tapi siapa yang mengira kalau saat ini saya sudah mengajar Fisika selama 9 tahun!! kadang saya tertawa dalam hati ketika saya berkata pada siswa saya”fisika itu tidak sulit,tanpa kita sadari bahwa kehidupan kita sehari-hari bisa dijabarkan dengan perhitungan fisika”…
    buat adik2 yang masih menganggap fisika itu sulit…percayalah bahwa ketekunan dan kesabaran mempelajari FISIKA akan membuat FISIKA menjadi mudah dan menyenangkan :)
    terima kasih

  9. Cara2 nya hebat sekali pak, tapi tolong di beri tambahan untuk selalu berdoa…. karena jika kita berusaha tapi tidak berdoa akan sia2 pak…. terimakasih dan insya Allah saya akan menerapkan cara2 bpk..

    • iya, berdo’a itu mesti dan harus. Jadi dalam melaksanakan apapun, do’a itu kudu ada.
      karena itu saya gak memasukan ke dalam tips. Tapi, dengan komentarnya, bisa mengingatkan yang lain. terima kasih

  10. assalammualaikum wr.wb..
    pakk..
    tolong kasih tips biar bisa bagi- bagi waktu pak…ma materi geosains juga pak…makasihhh paakkk..
    wassalammualaikum wr.wb..

    • wa’alaykumussalam warrohmatullohi wabarokatuh….
      bagi-bagi waktu? nantilah insya Allah saya coba buatkan.
      kalau untuk materi geosains, kan sy gak lagi; jadi bahan2 sdh sy sumbangkan ke ibu pembina yang baru.

  11. aslm..
    terimakasih atas tips2 yang telah anda beri..
    semoga dengan ini saya dapat lebih menggemari fisika dari sebelumnya..
    wslm..

  12. Mohon izin untuk memasukkan artikel yang bagus ini pada Pusat Sumber Belajar dan Dokumentasi Pendidikan SekolahVirtual, yang merupakan portal web untuk pendistribusian gratis segala macam informasi dan dokumentasi pendidikan.
    Kami tetap memperhatikan hak intelektual yang melekat pada artikel ini.
    posting pada : Artikel ini di SekolahVirtual
    Terimakasih.

  13. mantap tipsnya pak
    guru fisika memang harus kreatif menjawab tantangan “Fisika itu kok susah ya”

  14. AsS. .
    Pak saya plajar kelas 2 sma.
    Knapa bAgi saya fisika itU SUKAR.
    Guru saya kalau menerangkan 1 soal bisa 2 jam pelajaran.lalu ganti bAb.duh. .
    ToloNG PAK SOLUSINYA.MKSiH
    Wz. .

    • Wa’alaykasalam warrohmatulloh…
      Muh. Hasyim Mustafa; Fisika sbnarnya memang sukar sih; tapi tergntung kita dan lingkungan kita yang membuat agar fisika itu kelihatan mudah. Coba sampaikan masalah kita itu kepada guru kita, jika kita lihat bahwa guru kita orang yang terbuka dan bisa menerima masukan; jika tidak bisa mungkin kita bisa ‘mengadu’ kepada guru BK, Wali Kelas, Wakil Kurikulum atau kepala sekolah; mudah2an mereka bisa memberikan masukan kepada guru kita tersebut. Terkadang seorang ‘guru’ kan sering menganggap siswanya sudah pintar, jadi laju-laju dan buru-buru menerangkan; atau bisa jadi beliau nggak pernah mendapatkan masukan bagaimana beliau mengajar selama ini. Mudah-mudahan bisa lebih memahami fisika. Atau memang sekolahnya dimana ya? (maksudnya daerahnya); kalau mau nanya-nanya; via ym ke saya sajam mudah2an sy bisa bantu. Semoga sukses

  15. Teerima kasih, tambah ilmu nih :D
    Salam kenal Pak

  16. bagai mana sih caranya byar cepat paham tuh,,,, saya tiap kerjakan kok g pnah paham to,,,,

  17. Pak , posting tentang gerak melingkar dimana ya ??
    Handout saya ilang , besok smesteran pak :(

  18. Assalamualaikum….
    salam kenal pak….sy guru fisika d kabupaten bogor…saya kagum dengan blog yg bpk buat…mdh2an bs jd inspirasi sy u memberikan yg terbaik u anak2 sy…fisika itu memang sulit…tp dari sulit akan bisa menjadi hal yg menyenangkan..tugas kita sbg guru u memotivasi anak2 penerus bangsa agar bisa lebih kreatif, dan inovatif dengn belajar fisika….sukses u bapak selalu…

  19. alhamdulillah,,tipsnya insyaalah dapat membantu pak.
    tapi pak,,saya masi ragu dengan tips bapak di nomor 6,karena berdasarkan pengalamn saya belajar di kelas ,,jika saya sudah mulai beranjak ke soal yang bisa dibilang cukup sulit,dan saya akhirnya enjoy mengerjakannya,tapi tanpa di sadari saya sudah lupa dengan soal-soal yang dulu,sehingga mau tidak mau harus di ulang lagi mulai dari awal,,bagaimanakah solusi bapak untuk menghilangkan keraguan saya ini?? trima kasi pak ,,wassalam :-)

  20. assalamu”alaikumm …

    sya kann cobba tips drii bapak,,

    do”akan berhasill ea pakk …

    rachma_waty .. ..

  21. hebat, akan saya coba

  22. asal kita paham…, mudah. aku besok ulangan fisika nih…kali pertama di SMA.

  23. assalamu’alaikum pakk,,,

    sebenarnya saya suka dengan fisika,,,
    tapi anehnya saya kurang bisa dengan pelajaran yang satu ini,,,
    gara” guru saya di SMA kalok mengajar cepat kayak kilat…
    jadi saya kurang bisa memahami

  24. Terima ksih atas pmbritahuannya dgn ini sya lbih bsa lgi mmahami fsika

  25. assalamualaikum
    pak saya mau tanya:Apakah seorang anak yg baru berusia 4 tahun sudah bisa menghasilkan sesuatu yg luar biasa seperti mengerti beberapa bahasa,pintar sains,menurut bapak apakah itu merupakan suatu anugrah dari langit?
    terima kasih

  26. Alhamdulillah…thanks infonya. Kunjungi blog saya juga ya…:)

  27. [...] materi yang akan diujikan dalam Ulangan Kenaikan Kelas, dan 3). ikuti tips belajar fisika pada link [...]

  28. insya Allah z pst bisa, n thankz buat teman2 udh mw brbagi tips n konsep2 brpikirnya :D

  29. assalamualaikum wr.wb
    terima kasih infonya pak ,sangat membantu sekali:D

  30. iya sih pak, tapi masalahnya guru fisikanya ini loh…masa murid tanya malah direndahkan, bilang kaya gini “masa hitung2an gini aja gak bisa..” trs akhirnya gurunya g mau njelasin deh ..kasian pak, kan kemampuan murid menyerap pelajaran kan beda2

    • wah, kok gitu beliau ya?
      Tapi kita ambil husnudzhon (positif thinking)nya saja; mungkin begitu cara beliau memotivasi murid. Atau beliau belajar seperti itu juga dari gurunya; tapi nanti jadi guru, sebagiknya jangan seperti itu ya? Kan siapa yang memudahkan urusan orang lain, maka Allah akan memudahkan urusannya di akhirat, ketika tidak ada pertolongan selain pertolonganNYA.
      Kalau masih seperti itu, bisa nanya ke saya kok; Insya Allah. bisa lewat chatt kok.

  31. Terimakasih atas info’nya pak,, insyaaLLah saya akan c0ba dan muLai mempeLajari dengan baik tentang iLmu fisika..

  32. saya ingin mencoba… dan tidak akan harus mencoba. takut jadi beban. bagus banget tipsnya makasih pak,..

  33. Ha,,,,pa doainya bsok, sy ujia fisika 25 no,,,,bru smua hitngan ngana,,,,ado stres bahaya

  34. assalamualaikum..
    Saya iseng2 googling tips belajar fisika eh ketemu di blog bapak ini.
    Saya memang ada masalah dgn pelajaran yg satu ini. Rasanya sulit sekali utk mendapatkan nilai tinggi, utk tuntas saja saya sudah syukur alhamdulillah.
    Kapan2 saya chat dgn bapak tentang fisika bisa pak? Saya merasa cara guru menerangkan disekolah terlalu cepat, hanya sekedar memberi rumus lalu contoh soal yg mudah. Jadi ketika mendapat tugas soal yg sulit saya jadi bingung, apalagi saat ulangan. Karena guru tdk pernah menerangkan sampai sejauh itu.
    Maka dari itu, saya butuh pencerahan dari bapak utk pelajaran ini, karena saya ingin masuk jurusan IPA.
    Terima kasih pak. Wassalam.

  35. Reblogged this on The One and Only.

  36. amazing ! saya temukan pencerahan dari artikel Bapak..Thanks a lot Sir ^^

  37. assalamuallaikum

    pak, boleh enggak, nanya2x dikit tantang soal fisika….?

  38. Ass pak, perknalkan, sya siswi di kab CIREBON. tips-tipsnya bgus skali pak, tapi ada sdikit tambahan, sbenarnya tips yg pertama itu kita harus menyukai gurunya dan suka pada pelajaran yang dipelajarinya.
    Demikian pak
    wassalam

  39. Wah ini tulisan’ny bermanfaat banget^^ sangat bntu buat sya yang masih dasar alias kls 9 Smp :)) keren” tulisan’ny…salam kenal ya pak^^ semoga makin banyak ilmu yang saya dapat dari sini :) ^^

  40. assalamu’alaikum pak,
    saya juga mencoba tips” dr bapak,,
    trims pak..

  41. waaaah asli d.sni fisika jd kliatan mdah sya jd brsmngat mkasih pak atas tips.y ..tp sya punya msalah pak d.daerah sya tak ad toko buku yg bner2 memadai krang lengkap ..bhkan jelek mungkin ..it yg bkin sya greget !!

  42. fisika…………

  43. pengen bisa fisika

  44. Permisi
    Wah, artikelnya bagus

  45. Wow,. Kk hebat banget,. Bisa jadi inspirasi bagi orang lain,. Sya sangat terberkati dari postingan kk,. Tetap semangat kak,. Dan terima kasih bnyak sudah memotivasi sya,.
    Tuhan Yesus Memberkati,. :-)

  46. saya masih bingung, mngerjakan soal” fisika yang diberikan bu guru,, gimana ya caranya agar saya bisa mengerakn soal”itu, jangan lupa dibala,, #rika pusparini

  47. Pak.. saya mau tanya, gimana ya agar cepat menegrti pokok bahasan fisika?? n bagaimana biar cepat mengerjakan soal2 fisika?? terkadang saya bingung milih rumusnya..
    terimakasih..

  48. Tipsnya bagus dan dapat di cerna oleh otak

  49. ass, pak guru fisika saya itu pak dia hanya mengajarkan kepada satu org murid saja yg ada di kelas saya, sedangkan murid- murid yang lain tidak pak.
    terima kasih pak atas sarannya semoga saya mudah dalm mengerjakannya.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 44 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: