Perbandingan SKL/Kisi-kisi UN Fisika Tahun 2010 dan Tahun 2011

Pada postingan kali ini, saya hanya mencoba membandingkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) beserta indikatornya untuk mata pelajaran fisika. Adapun yang dibandingkan adalah antara SKL Ujian Nasional Tahun 2009/2010 dengan SKL Ujian Nasional Tahun 2010.2011 yang akan diselenggarakan insya Allah pada bulan Maret 2011, kapan pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2011 ini dapat dilihat di disini. Bahan ini sebenarnya saya buat untuk teman-teman di MGMP Fisika SMA Kota Pekanbaru, yang insya Allah Rabu besok (01/12/2010), saya diamanahi untuk mendiskusikan perihal ini.
Adapun perbandingan antara SKL Ujian Nasional untuk Mata Pelajaran Fisika SMA/MA tahun 2010 dengan tahun 2011 adalah :

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 1 :
Tahun 2010 Tahun 2011
Memahami prinsip-prinsip pengukuran dan melakukan pengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung secara cermat, teliti dan obyektif: Memahami prinsip-prinsip pengukuran dan melakukan pengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung secara cermat, teliti dan obyektif.
INDIKATOR INDIKATOR
1. Membaca pengukuran alat ukur panjang (jangka sorong) dan menentukan ketelitian hasil pengukuran sesuai alat ukur yang digunakan 1. Membaca pengukuran salah satu besaran dengan menggunakan alat ukur tertentu.
2. Membedakan besaran skalar dan vektor serta menjumlah/mengurangkan besaran-besaran vektor dengan berbagai cara 2. Menentukan besaran skalar dan vektor serta menjumlah /mengurangkan besaran-besaran vektor dengan berbagai cara.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 2 :
Menjelaskan gejala alam dan keberaturannya dalam cakupan mekanika benda titik, benda tegar, kekekalan energi, elastisitas, impuls, dan momentum. Memahami gejala alam dan keberaturannya dalam cakupan mekanika benda titik, benda tegar, kekekalan energi, elastisitas, impuls, dan momentum.
INDIKATOR INDIKATOR
1 Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus. 1 Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus, gerak melingkar beraturan, atau gerak parabola.
2 Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari 2 Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
3 Menentukan hubungan besaran-besaran fisis yang terkait dengan gaya gravitasi antar planet. 3 Menentukan hubungan besaran-besaran fisis yang terkait dengan gaya gravitasi.
4 Menentukan letak titik berat dari berbagai benda homogen. 4 Menentukan letak titik berat dari berbagai benda homogen.
5 Menganalisis hubungan besaran-besaran yang terkait dengan gerak rotasi. 5 Menganalisis hubungan besaran-besaran yang terkait dengan gerak rotasi.
6 Menjelaskan hubungan usaha dengan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari dan menentukan besaran-besaran yang terkait. 6 Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan usaha dan perubahan energi.
7 Menjelaskan sifat elastisitas benda atau penerapan konsep elastisitas dalam kehidupan sehari-hari. 7 Menjelaskan sifat elastisitas benda atau penerapan konsep elastisitas dalam kehidupan sehari-hari.
8 Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan hukum kekekalan energi mekanik. 8 Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan hukum kekekalan energi mekanik.
9 Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan hukum kekekalan momentum. 9 Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan impuls, momentum, atau hukum kekekalan momentum
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 3 :
Tahun 2010 Tahun 2011
Menjelaskan gejala alam dan keberaturannya dalam cakupan mekanika benda titik, benda tegar, kekekalan energi, elastisitas, impuls, dan momentum Memahami prinsip dan konsep konservasi kalor sifat gas ideal, fluida dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika serta penerapannya dalam mesin kalor.
INDIKATOR INDIKATOR
1 Menentukan proses perpindahan kalor dan azas Black. 1 Menjelaskan proses perpindahan kalor atau penerapan azas Black dalam kehidupan sehari-hari.
2 Mendeskripsikan azas Bernoulli dalam fluida dan penerapannya. 2 Mendeskripsikan azas Bernoulli dalam fluida dan penerapannya.
3 Menjelaskan variabel-variabel pada persamaan umum gas ideal. 3 Menentukan variabel-variabel pada persamaan umum gas ideal.
4 Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi energi kinetik gas. 4 Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi energi kinetik gas.
5 Menentukan berbagai besaran fisis dalam proses termodinamika pada mesin kalor. 5 Menentukan berbagai besaran fisis dalam proses termodinamika pada mesin kalor.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 4 :
Tahun 2010 Tahun 2011
Menerapkan konsep dan prinsip optik dan gelombang dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi. Menerapkan konsep dan prinsip optik dan gelombang dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
INDIKATOR INDIKATOR
1 Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan pengamatan menggunakan mikroskop/teropong. 1 Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan pengamatan menggunakan mikroskop atau teropong.
2 Menjelaskan berbagai jenis gelombang elektromagnet serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. 2 Menjelaskan berbagai jenis gelombang elektromagnet serta manfaatnya atau bahayanya dalam kehidupan sehari-hari.
3 Menentukan besaran-besaran dan sifat gelombang berjalan. 3 Menentukan besaran-besaran tertentu dari gelombang berjalan.
4 Menjelaskan terjadinya peristiwa interferensi dan difraksi cahaya serta menentukan besaran-besaran yang terkait dengan peristiwa tersebut. 4 Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan peristiwa interferensi atau difraksi cahaya.
5 Menentukan intensitas dan taraf intensitas dari beberapa sumber bunyi yang identik. 5 Membandingkan intensitas atau taraf intensitas dari beberapa sumber bunyi yang identik
Menentukan besaran-besaran yang menimbulkan efek Doppler dan menentukan perubahan akibat efek Doppler tersebut. Menentukan besaran-besaran tertentu yang menimbulkan efek Doppler atau menentukan perubahan akibat efek Doppler tersebut.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 5 :
Tahun 2010 Tahun 2011
Menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai masalah dan produk teknologi. Menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai masalah dan produk teknologi.
INDIKATOR INDIKATOR
1 Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan hukum Coulomb dan medan listrik. 1 Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan hukum Coulomb atau medan listrik.
2 Menentukan berbagai faktor yang mempengaruhi kapasitas kapasitor keping sejajar.
3 Menentukan hasil pengukuran kuat arus dan tegangan listrik 2 Menentukan hasil pengukuran kuat arus dan atau tegangan listrik.
4 Menggunakan hukum Ohm dan hukum Kirchoff untuk menentukan berbagai besaran listrik dalam rangkaian tertutup. 3 Menggunakan hukum Ohm dan hukum Kirchoff untuk menentukan berbagai besaran listrik dalam rangkaian tertutup.
5 Menjelaskan timbulnya medan magnet induksi di sekitar kawat berarus dan menentukan besaran-besaran yang mempengaruhinya. 4 Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan medan magnet induksi di sekitar kawat berarus.
6. Menjelaskan timbulnya gaya magnet (gaya Lorentz) dan menentukan besaran-besaran yang mempengaruhi-nya. 5 Menjelaskan timbulnya gaya magnet (gaya Lorentz) atau menentukan besaran-besaran yang mempengaruhinya.
7. Menjelaskan kaitan besaran-besaran fisis pada peristiwa induksi Faraday 6. Menjelaskan kaitan besaran-besaran fisis pada peristiwa induksi Faraday.
8. Menentukan besaran-besaran fisis pada rangkaian arus listrik bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor 7. Menentukan besaran-besaran fisis pada rangkaian arus listrik bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 6 :
Tahun 2010 Tahun 2011
Memahami konsep dan prinsip relativitas, teori atom, dan radioaktivitas serta penerapannya Memahami konsep dan prinsip relativitas, teori atom, dan radioaktivitas serta penerapannya
INDIKATOR INDIKATOR
1. Membedakan teori-teori atom. 1. Membedakan teori-teori atom.
2. Menganalisis teori relativitas dan besaran-besaran yang terkait.
2. Menjelaskan teori kuantum Planck dan kaitannya dengan radiasi benda hitam. 3. Menjelaskan teori kuantum Planck dan kaitannya dengan radiasi benda hitam.
3. Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom. 4. Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom.
4. Menentukan jenis-jenis zat radioaktif dan mengidentifikasi manfaat radioisotop dalam kehidupan 5. Menentukan jenis-jenis zat radioaktif atau mengidentifikasi manfaat radioisotop dalam kehidupan.

Untuk Versi pdfnya, bisa didownload di Perbandingan SKL Fisika SMA UN 2010 dengan UN 2011

Mudah-mudahan saya nanti bisa mempostingkan beberapa contoh soal uji coba UN yang saya buat untuk anak kelas XII Akselerasi SMA N 8 Pekanbaru berdasarkan SKL ini, namun sebagai bahan untuk latihan di blog ini juga ada beberapa soal yang saya buat ketika saya mengajar di kelas XII tahun kemarin, misalnya disini atau disini untuk sekedar latihan.

Demikianlah, semoga….

About these ads

5 Tanggapan

  1. lebih semangat aja buat adek2 di SMA
    Salam

  2. Sangat kreatif Pak, semoga bermanfaat untuk peserta didik kita. Salam kenal dari pekalongan. Silakan berkunjung ke blog saya, siapa tahun bisa berbagi informasi.

  3. Salam kenal Pak dari Baubau (Sultra), luar biasa…! Bapak sangat kreatif, semoga apa yang bapak salurkan tidak sia-sia demi untuk peserta didik kita, agar tahun ini dan tahun yang akan datang, peserta didik kita dapat meraih kesuksesan, itu berkat jasa yang Bapak berikan selama ini, tanpa mengharapkan balas jasa, karena ILMU TANPA DIAMALKAN AKAN SIA-SIA.

    • salam kenal juga pak,
      Wah, terima kasih pak; ini cuma menyalurkan energi yang berlebih saja pak sekaligus belajar, daripada digunakan untuk yang macam-macam, kan mendingan buat yang seprti ini, sekaligus bisa belajar; syukur2 bisa untuk ‘tabungan’ nanti….
      semoga ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 43 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: