Suhu dan Pemuaian (1)

gbr-lilinPada Standar Kompetensi Fisika yang Ke – 4 untuk SMA tertulis begini: Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai perubahan energi. Dalam SK ini ada beberapa Kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa yaitu: Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat; Menganalisis cara perpindahan kalor dan Menerapkan asas Black dalam pemecahan masalah. Materi ini sebenarnya juga sudah pernah dipelajari di SLTP; jadi ini hanya penguatan saja, dan perbedaan yang cukup signifikan paling pada penerapan soal-soalnya.
Dan untuk itu materi hand-out yang saya susun ada 3 bagian plus, dan ini bagian yang pertamanya, yaitu :Suhu dan pemuaian (1) Jadi angka satu yang berada dalam tanda kurung seperti pada judul tulisan ini hanya menunjukkan nomor urutan materi dalam standar kompetensi, sedangkan plus-nya seperti biasa adalah kumpulan soal-soal untuk rangkuman 3 materi tersebut. Meski sudah selesai penulisannya, tetap saja saya mengunggahnya berangsur-angsur.
Sebenarnya materi ini mau saya masukan diawal-awal liburan, cuma saya direpotkan untuk mencari koneksi internet ditempat saya keluyuran waktu libur ini; dan alhamdulillah diakhir-akhir liburan bisa menemukan tempat itu. Mudah-mudahan materi ini bisa selesai kita diskusikan pada hari senin besok, karena hari selasa-nya kan ulangan harian tentang alat-alat optik.

9 Tanggapan

  1. Assalamu Alaikum….
    Terima kasih atas bahannya ya pak..
    Insya Allah bermanfaat bagi pembelajaran kita….

  2. aslm,,,

    pak,,
    bhn kls 3 dmn?

  3. Ass. kalau bisa ada contoh soal nya pa ‘

  4. makasih nih dah lengkap…

  5. buat yg smp dong!

  6. Artikelnya bagus kok

  7. aku dpt nilai 1o loooooooooooooo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: