Listrik Dinamis (1)

Saat ini, bisa dikatakan betapa kita begitu memiliki ketergantungan yang hampir-hampir amat sangat kepada yang namanya listrik (???, maaf bahasanya). Terkadang beberapa aktivitas terpaksa kita hentikan begitu arus listrik juga berhenti, dan itupun terkadang disertai dengan ‘sedikit banyak’ sumpah serapah.
Lantas, memang apa ada yang bisa kita ambil ketika listrik sedang mati? Apa yang akan kita lakukan ketika sedang sibuk mengerjakan tugas yang akan dikumpulkan besok pagi, dan belum ‘disave’ lantas kemudian tiba-tiba listrik mati? Apa yang akan kita lakukan pada saat kita menonton acara yang sedang bagus-bagusnya, lantas kemudian tiba-tiba listrik mati?
Pernah nggak terlintas pada pikiran kita, ketika listrik mati, dalam pikiran kita terlintas bahwa begitulah kematian yang datang tiba-tiba, tanpa kita sadari. Pernah nggak terlintas pada pikiran kita, ketika listrik mati, kita lantas mengucapkan hamdalah (lha kok?), karena hati kita masih belum dimatikan-Nya. Karena ketika hati kita belum mati, maka kita masih bisa melihat indahnya dunia dengan kejernihan mata hati  yang kita miliki.
Terkadang ada juga yang menjadikan listrik sebagai alasan pembenaran yang tidak pada mestinya, misalnya mereka yang ketika tidak siap ujian ini karena ‘listrik mati’ sehingga tidak bisa belajar optimal. Atau mereka yang tidak mengumpulkan tugas, karena alasan ‘listrik mati’, padahal sebenarnya mereka saja yang kurang tepat mengelola waktu. Tetapi pada materi (ada dua materi) yang bisa didownload disini :

Listrik Dinamis (1) : Arus Listrik – Hukum Ohm
Listrik Dinamis (2):Hukum Kirchhoff

dibahas bukan pada arus yang biasa kita gunakan sehari-hari dirumah atau disekolah atau dikantor atau di mushola/masjid atau dimana saja, tetapi lebih kepada arus listrik searah, yang sering disebut juga sebagai listrik dinamis. Sedangkan yang lebih berkaitan dengan listrik yang digunakan sehari-hari seperti diatas, insya Allah akan dibahas di kelas XII semster gasal, karena itu, cepat-cepat dan yang rajin belajar supaya bisa lebih cepat naik ke kelas XII (memang bisa ya? Cepat-cepat?).

Sebenarnya, dan ini mungkin yang kesekian kali saya tulis disini, meski materi ini saya tujukan khusus kepada siswa kelas X – 10 (kelas akselerasi) SMA Negeri 8 Pekanbaru tahun ini, tapi materi ini bisa dipakai oleh siapa saja yang berminat; misalnya siswa kelas XII IPA untuk persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN) yang sebentar lagi, atau siswa kelas X yang lagi belajar tentang ini, atau yang mau memenuh-menuhi isi hardisk komputernya dengan file ini, atau yang sekedar iseng.

4 Tanggapan

  1. assalamualaikum wr.wb

    makasih, pak bahannya…
    oh ya pak, nilai yang di ulang kmaren gimana, pak???

    wassalam.

  2. kunjungan perdana.

  3. Saya sangat salut kepada bapak,,
    Benar-benar seorang guru yang dapat dibanggakan oleh murid-muridnya.Untuk Pak Rudi,tetap semangat yaa!!

  4. maaf y pak:
    kurang dimengerti pembahasannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: