Listrik Dinamis (3&4) Energi Listrik – Soal

gbr-ank-berdoaMateri ini (download diakhir tulisan) merupakan materi penghujung di kelas X semester genap, artinya jika sudah memahami ini, kemudian ikut ulangan harian, terus ujian semester dan keduanya lulus dengan nilai yang baik, maka bersiap-siaplah untuk mempelajari materi baru dikelas XI.
Berarti sudah satu tahun pelajaran telah berlalu; sebuah kesempatan yang diberikan kepada kita untuk mengukir peradaban sekali dalam seumur hidup;  itu jika kita pernah terfikirkan kalau kesempatan yang pernah kita peroleh adalah kesempatan untuk mengukir peradaban itu hanya benar sekali? Yup, tidak ada kesempatan yang berulang, jikapun ada itu adalah kesempatan yang lain. Kesempatan yang bukan kesempatan yang sama dan yang benar – benar berbeda. Misalnya, jika kita tidak menggunakan kesempatan mempelajari materi ini sebaik-baiknya, maka kita bisa gagal dalam ujian; dan beberapa orang (mudah-mudahan bukan kita) akan dengan mudah mengatakan, kan ada ujian ulang (remedial)?. Ujian ulang hanya membuang kesempatan kita untuk mendapatkan nilai yang lebih tinggi; karena toh ketika remedial dan lulus, nilanya hanya sebatas nilai kkm.
Kesempatan hidup kita adalah kesempatan utama yang harus kita sadari sepenuhnya. Agar kita bisa menghargai dengan semangat kehidupan yang benar, dengan cara memprioritaskan kesempatan utama bukan kesempatan-kesempatan sekunder yang bersifat sementara. Agar kita bisa menyehatkan akal dan mengasah jiwa, sehingga dengan arif kita akan mengetahui jalan yang benar.
Wah kemana-mana ya? Kembali ke masalah energi (sebagaimana materi tulisan yang dapat didownload dibawah); pada hakikatnya energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Kita mengetik, kita membaca, kita menulis, atau apa saja yang kita lakukan selalu membutuhkan energi; energi yang kita peroleh terkadang diperlukan untuk melahirkan energi baru lagi, begitu seterusnya. Seperti air yang mengalir lalu menggerakan kincir, lalu kincir memutar turbin pembangkit listrik, dan jadilah energi listrik yang menopang begitu banyak sarana kehidupan manusia.
Tapi kita sering lupa, bahwa untuk bisa hidup kita membutuhkan sandaran energi; mungkin relatif mudah mengupayakan energi bagi penopang kehidupan secara fisik. Namun darimanakah sebenarnya energi yang kita perlukan untuk mempertahankan hidup dan kehidupan kita sebagai manusia, agar kuat menghadapi segala cobaan dan rintangan?
Kekuatan energi itu, hakikatnya milik-Nya, Allah Subhana Wa Ta’ala; jika kita mengetahui. Pada-Nyalah kita haruslah selalu menyandarkan segalanya, dan senantiasa memohon tambahan kekuatan, tambahan energi, untuk menghidupkan kita terutama hati kita. Agar terang dan rahmat-Nya menyinari sekalian alam.

Untuk materinya bisa diambil disini:

4 Tanggapan

  1. Makasih bahan listrik dinamisnya Pak.

  2. makasih pak🙂

  3. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.Pak tlog kirimin handout yg k 3&4 d email :
    dhini.isti@yahoo.com y, pak.
    Trima kasih😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: