Cuaca & Iklim (1) : Atmosfer

lapisan-atmosfer

Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, kalau saya akan memasukkan bahan ajar geografi di blog ini, alhamdulillah saya sudah bisa memulainya. Mudah-mudahan bisa konsisten. Pada tulisan pertama ini (bisa didownload dibawah artikel ini) berisikan penggalan dari materi tentang iklim dan cuaca, itupun bagian pertamanya saja dulu, yaitu tentang atmosfer.
Atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet tersebut sampai jauh di luar angkasa. Di bumi, atmosfer terdapat dari ketinggian 0 km di atas permukaan tanah, sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan bumi. Atmosfer bumi merupakan bagian yang takterpisahkan dari bumi, karena adanya pengaruh gaya tarik (gaya gravitasi) bumi. Disini, di permukaan bumi yang sengaja diciptakan khusus oleh-Nya, kita berada didalam atmosfer yang sama, kita mengkaji tentang atmosfer tersebut.
Tidak ada ciptaan-Nya yang tidak berguna. Tidak ada sama sekali. Cuma terkadang kita kurang menyadarinya. Seperti halnya atmosfer. Kita berada didalamnya, bayangkan jika bumi tidak diberi selubung atmosfer oleh Allah Subhana Wa Ta’ala?

“Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa. Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan yang Maha Perkasa lagi Maha mengetahui”. (dari Al-Qur’an surah Fushilat (41) ayat 12)

Manusia membutuhkan oksigen untuk hidup, tapi ternyata di dalam atmosfer kita hanya terdapat oksigen sebanyak 23 % saja, sedangkan gas nitrogen itu ada sekitar 76 % dan yang lain-lain cuma 1 %. Mungkin yang terpikir oleh kita adalah kenapa kok tidak gas oksigennya saja yang 76 % baru kemudian nitrogennya yang 23 %? Ternyata, hal ini memang didisain-Nya. Subhanallah….
Ada dua kemungkinan,
Pertama, jika kandungan oksigen lebih besar dari kadar yang ditentukan-Nya, maka udara disekitar ktia akan sangat reaktif; misalnya logam-logam yang ada disekitar kita akan cepat mengalami korosi, dan terjadi kehancuran logam yang sangat tragis; karena peristiwa korosi akibat logam tersebut bereaksi dengan oksigen.
Kedua, jika kandungan oksigen di dalam atmosfer kita berkurang atau terlalu sedikit, maka manusia akan sulit bernafas, dan berbagai reaksi oksidasi yang sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup kita juga akan terhambat.
Maka, sungguh suatu berkah yang kita peroleh dari Allah yang selalu membuat agar kadar oksigen di dalam atmosfer kita tidak melampaui batas.
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Di planet lain, yang satu tata surya dengan bumi, tidak punya atmosfer, sehingga beruntung sekali makhluk di bumi. Di angkasa luar selalu ada batu-batu yang berterbangan, baik itu besar ataupun kecil, sehingga terjadi tabrakan antara benda angkasa itu relatif sangat besar. Bulan contohnya, permukaannya setiap saat selalu dibombardir dengan batu-batuan (meteor). Bumi kita juga diperlakukan serupa, tapi kita diberi-Nya pelindung berupa atmosfer, sehingga batu-batuan tersebut dihadang oleh atmosfer. Setiap ada yang berani-berani menyerang bumi, maka mereka akan berhadapan dengan lapisan atmosfer yang dengan patuh mengikut perintah Penciptanya.
Menurut para ahli, atmosfer kita dibagi atas beberapa lapisan, dan semuanya mempunyai karakteristik dan fungsi tersendiri.

“…dan Kami menjadikan langit itu sebagai atap yang terpelihara*), sedang mereka berpaling dari segala tanda-tanda (kekuasaan Allah) yang terdapat padanya. Dari al-Quran Surat Al Anbiyaa’ (21) ayat ke 32

*) Maksudnya: yang ada di langit itu sebagai atap dan yang dimaksud dengan terpelihara ialah segala yang berada di langit itu dijaga oleh Allah dengan peraturan dan hukum-hukum yang menyebabkan dapat berjalannya dengan teratur dan tertib.

Isi lebih lengkapnya (maksudnya: saya baru bisa melengkapi sampai sebegitu) bisa didownload disini:
Cuaca dan Iklim (1) : Atmosfer : download disini
Tentunya saran dan masukan dari semua yang membaca sangat diperlukan; terutama berkaitan dengan isi materi tersebut. Sebagaimana juga bahan-bahan fisika yang telah saya masukkan disini, bahan-bahan ini bisa diambil oleh siapa saja; boleh digunakan oleh siapa saja; baik dengan mencantumkan sumbernya ataupun tidak.

17 Tanggapan

  1. assalammualaikum .
    saya ambil bahannya ,,
    boleh tidak pak ??
    terimakasih .

    • wa’alayka salam wr. wb….
      Siapa saja diblhkan mengambil bahannya, dan boleh digunakan untuk apa saja yang penting untuk kebaikan.
      Jika ada masalah di bahan tsb, diinformasikan ya…

  2. ass pak,,,,,
    terima kasih materinya pak,,,,sangat bermanfaat untuk saya,,,,,,dan Insyaallah akan saya manfaatkan untuk kebaikan pak,,,,

  3. assalamualaikum pak

    boleh minta soal-soal dan pembahasan tentang atmosfer tidak pak??

    • wa’alayka salam wr. wb..
      soalnya insya Allah sesudah postingan tentang cuaca dan iklim

  4. pak, saya mau minta soal pilihan ganda yang berhubungan dengan atmosfer bisa tidak ?

    tolong posting di blog anda paling lambat tanggal 19 maret 2009 .

    terima kasih .

    wassalam .

    • to : Made
      Insya Allah, tapi mungkin sekitar 3 pekanan lagi; setelah semua
      bahan tentang cuaca dan iklim saya postingkan

  5. Assalamu’alaikum wr.wb.,,,,
    Pak,,saya ambil bahan nya iia pak..
    Makasih pak..

    • to: Nur Oktri MD
      Wa’alayka salam warrohmatullahi wabarokatuh
      ya, mudah2an bs dipelajari dan bermanfaat

  6. Alhamdulillah bapak..
    setelah 3 minggu berturut2 bpk perintah u/ download,
    bru x ini saya sempat ng-download Hand Out nya pak..,

    hehe..maap y pak, klw telat..

    makasih juga pak.!!

    ^^

    • to : ade_x.3
      Alhamdulillah…..
      gak apa-apa
      Sekarang sudah ada 2 bahan baru lagi.

  7. no comment

  8. terima kasih

  9. assalamualaikum
    maaf pak seblumnya saya rita di jawa boleh rita
    menanyakan beberapa materi ke bapak mengenai geografi
    terimakasih banyak atas add nya

    • wa’alaykumussalam warrohmatulloh….
      Insya Allah, mudah2an saya bisa; tpi sbnarnya disana kan bnyak yang lbih kompeten lho…

  10. Assalamu’alaikum pak…. kayaknya setelah sekian lamanya saya mengambil bahan di situs bapak.. baru kali ini saya kesini lagi.. saya ambil tentang iklim ya pak… saya mau ambil IPC… makanya saya ke situs bapak… hehehehehe… makasih pak!

  11. pak tolong buatin saya soal pg tentang cuaca dan iklim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: