Persamaan Gerak (2)

Bagaimana komentarnya materi yang kemarin? Mudah-mudahan tidak dibingungkan dengan istilah-istilah yang seolah-olah sama tapi berbeda dan seolah-olah berbeda tapi sama. Jika bagian yang kemarin sudah dipahami (dan semoga Allah Subhana Wa Ta’ala senantiasa membukakan pintu kepahaman kepada kita); maka pada bagian ini ada lanjutannya. Tidak banyak memang, namun di bagian ini sudah ada sedikit aplikasinya, misalnya pada memadu gerak atau gerak parabola.
Mempelajari tentang hal ini memang dibutuhkan tingkat ketelitian yang lumayan tinggi (meskipun sebenarnya untuk setiap materi yang lain juga demikian), diperlukan kehati-hatian. Seperti halnya kita menggerakan roda kehidupan, juga dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian. Tapi, jika kita mengikuti saja alur-alurnya, insya Allah kita akan mudah memahami. Seperti halnya kita mencoba mengikuti alur kebenaran agar disampaikan pada tujuan hakiki kehidupan kita. Memang disana ada duri, memang disana ada terjal, tapi memang begitulah hakikat. Bukankah disamping kesulitan senantiasa ada kemudahan? Sungguh, sesudah kesulitan disana ada kemudahan. Yakinlah itu, karena yang mengatakan hal itu adalah Sang Maha Benar, Allah Subhana Wa Ta’ala.

…karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,
Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.
Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,
dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.
Al Quran surah Alam Nasyrah (94) ayat 5 – 8

Lantas untuk apa semua itu kesulitan dan kemudahan itu?

….yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun, Al Quran Surah Al Mulk (67) : 1 – 2

Masih akan banyak masalah, cobaan dan peristiwa-peristiwa yang akan menemani perjalanan hidup ini hingga kematian yang sudah pasti itu akan datang. Perjalanan hidup yang ‘cukup berat’ itu terkadang kita hadapi diluar batas kewajaran kita sebagai manusia; merampas hak-hak orang lain, menyakiti orang lain, berkeluh kesah yang tiada habisnya, melakukan hal-hal yang sebenarnya kita tahu bahwa itu adalah perbuatan dosa namun karena keinginan semu dunia kita menganggapnya perbuatan itu wajar, seolah-olah Allah Subhana Wa Ta’ala tidak melihat perbuatan kita.
Kata-kata sabar yang sering diucapkan seseorang, terkadang kita anggap sebagai pemanis lidah yang disisipkan dalam nasihat orang lain. Padahal seandainya kita bisa meyakini bahwa akan datang hari penuh kesenangan dan kebahagiaan setelah hari-hari kesusahan dan hari-hari kesedihan, kita akan bisa merasakan bahwa kesabaran akan melahirkan kekuatan jiwa dan keteguhan hati untuk siap menghadapi segala penderitaaan yang seperti apapun. Karena Allah Subhana Wa Ta’ala tidak akan pernah membebani ummat-Nya, melainkan sesuai dengan kesanggupan hamba-Nya itu untuk menerima beban.
Begitu juga kata-kata ‘semuanya ada hikmahnya’, terkadang kita anggap sebagai kata-kata yang hanya terlontar dari keputusasaan. Memang hikmah itu sering tersembunyi dibalik sebuah peristiwa. Sehingga dibutuhkan kesungguhan untuk menggalinya, agar hidup itu menyenangkan.
Demikianlah, sesungguhnya hidup itu menyenangkan bukan karena kita selalu melakukan hal-hal yang kita sukai saja, tetapi hidup itu akan menyenangkan jika selalu mencoba menyukai hal-hal yang harus dan wajib kita lakukan, terutama kewajiban kita sebagai manusia. Karena setiap bencana atau ujian atau penderitaan yang kita bisa lalui dan berhasil kita lalui sesuai dengan cara-Nya, maka Allah Subhana Wa Ta’ala akan menggantinya dengan ganjaran pahala.

Untuk materi yang berisikan tentang persamaan gerak yang bagian kedua dapat di: Download disini
Semoga bermanfaat dan berkah….

3 Tanggapan

  1. assalamualaikum wr. wb.
    makasih pak ats bahannya, trus, soal-soal bwat yg psmaan grak ini udh dupload blm, pak ????

    mkasih.

    • to dNie:
      Wa’alayka salam wr. wb.
      Afwan sy blum smpat menyelesaikan, soal essainya baru selesai satu buah; padahal rencana saya paling cuma tiga atau empat buah saja.
      mudah-mudahan besok sudah bisa didownload

  2. Pak, bahan fisika untuk kelas XI angkatan 2011/2012 belum ada ya pak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: