Pembekalan Rohis 8 : Rohis 8 Masih Ada….

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang Telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS Al Hasyr (58) : 19)
pmbkl-rhs-02Alhamdulillah, kegiatan pembekalan Rohis 8 kali ini bisa terealisir. Kegiatan yang merupakan program saya yang diamanahi sebagai ‘pembina ekstrakurikuler’ rohis 8 periode ini. Pembekalan yang diikuti oleh 57 (minus 12) orang peserta ini sebenarnya diluar perkiraan saya yang memprediksi hanya dihadiri paling banyak 30-an peserta karena saya adakan pada rangkaian hari libur. Jumlah peserta yang minus 12 itu maksudnya, dari 57 peserta yang hadir dari sessi pertama pukul 08.10 ternyata pada sesi 2 nya ‘menghilang tanpa izin’ sebanyak 12 orang. Mudah-mudahan apa yang dilakukan selama proses ‘menghilang’ tersebut bisa lebih bermanfaat.
pmbkln-rhs-2Kali ini saya mengajak YPPI (Yayasan Pemberdayaan Pelajar Islam) Cendekia untuk urun rembug, Helmi Hidayat, direkturnya langsung turun tangan. Hal ini sebenarnya sekaligus saya ingin kembali menautkan benang ukhuwah antara rohis 8 dengan yppi; dan alhamdulillah beliau-beliau ini bersedia hadir memberikan waktunya, memberikan ilmunya, memberikan tenaga dan pikirannya. Jazakallahu khairon katsiro. Disamping saya ada 2 orang dari yppi berkenan memberikan materi tentang apa itu rohis, mengapa harus rohis, bagaimana seharusnya menjadi anak rohis, apa kegiatan yang bisa dilakukan, terus peran yppi dalam kaitannya dengan rohis, dan apa yang telah dilakukan oleh yppi. Termasuk perkembangan rohis 8 pekanbaru hingga saat ini, yang sudah tidak begitu banyak lagi kiprahnya. Begitu juga materi tentang masalah tentang kerja sama antar anggota, bagaimana kerja sama itu, tentang organisasi, menyusun program kerja dan seterusnya. Seperti biasa, setiap mengisi kegiatan untuk rohis juga diselingi beberapa game. Suatu saat Insya Allah, jika saya tidak begitu sibuk lagi (apa memang bisa ya gak sibuk lagi?), saya akan mencoba menuliskan rekap materi yang sudah terekam.
pmbkln-rhs-3Kegiatan ini juga bagian dari kristalisasi, maksudnya karena ini adalah bagian dari proses acara pelantikan, jadinya nanti yang bisa mengikuti kegiatan pelantikan atau yang turut melantik ya yang ikut kegiatan ini; yaitu berjumlah 45 orang. Adapun mereka yang ikut adalah:
Yang Ikhwan Kelas XI : Agung Panji W; Primadhityo;
Yang Ikhwan Kelas X : Abuzar Ahmad; Anan Weirdi W; Enggri Harba; Hosaini Faiz; M. Faisal Alawi; M. Naufal Rauf .I; M. Octa Pernadi; Nabil Hariz; Ridho Rayendra;
Yang Akhwat Kelas XI : Ayu Khairani, Dian Puspita Eka Putri, Jenlifita Marla .P; Adinda Dara Vahada; Ratih; Gianini Sonnevil;
Yang Akhwat Kelas X : Ade Miftahul Jannah; Adhisti Handari; Alen Tiara; Annisa Indah Reza; Annisa Primadini; Arisha Nursyamti .P; Dessy Norma Juita; Dhia Atikah Aliyyu; Diana Hartatin; Eva Novianti; Fitri Julianti; Friski Ramadhani; Huda Nuri Suraya; Khairunnisa Nasution; Khirzun Nufus; Masda Ulfa Arianti; Mifta Rahmiza; Natrya Mychanesya; Nindi Intan .A; Nur Afifah; Nur Oktri Mulya .D; Rima Aprisa; Rossiana Edhelyn; Sa’diatul Fuadiyah; Suci Nilna Ferzia; Tiara Verita Yastica; Titin Richa Purwanty; Widya Antika; Wirdhatul Jannah
Jumlah yang cukup Alhamdulillah sebagai langkah awal.
Peserta terbanyak adalah dari kelas X – 10 (Kelas Akselerasi) yaitu sebanyak 11 orang peserta (7 akhwat dan 4 ikhwan); padahal jumlah siswa dikelas itu hanya 22 orang, setelah itu diikuti oleh kelas X -5 yaitu sebanyak 7 peserta (6 ikhwan dan 1 akhwat).

Sedangkan kelas lain alhamdulillah cukup terwakili dari setiap kelasnya tapi untuk kelas X saja, misalnya kelas X-1 ada 1 ikhwan, kelas X-2 ada 3 akhwat, kelas X – 3 ada 1 ikhwan; kelas X – 4 ada 2 ikhwan + 1 akhwat; kelas X – 6 ada 3 akhwat; kelas X – 7 ada 3 akhwat; dan kelas X – 9 ada 1 akhwat.
Sedangkan dari kelas XI yang ikut hanya kelas XI IPA 1 (1 akhwat), XI IPA 2 (1 ikhwan + 1 akhwat), XI IPA 3 (1 akhwat), XI IPA 5 (2 akhwat) dan XI IPA 7 (2 akhwat).
pmbkln-rhs-41Demikian kira-kira peta persebaran anak rohis 8 di kelas-kelas; sebenarnya tidak persis demikian, karena setahu saya ada anak rohis 8 yang tidak dalam kegiatan ini (kecuali yang meminta izin, baik lewat telp atau sms). Tapi karena kita ingin ada semacam ketegasan dan konsistensi dalam tata tertib organisasi, yah terpaksa kita buat demikian; agar ada penghargaaan terhadap Rohis. Begitu juga peserta ‘yang menghilang’ ketika acara berlangsung. Mungkin ada saran bagi peserta-peserta atau anggota yang demikian?
Mengenai evaluasi kegiatan dari peserta insya Allah akan saya postingkan disini; karena lembar evaluasi dibawa pulang dan diisi dirumah. Begitu juga pelaporan dananya, sedang dihitung-hitung, karena secara ekonomis sih rugi, namun secara moral dan spiritual insya Allah sangat menguntungkan. Ada yang mau berinvestasi?

13 Tanggapan

  1. pakk..
    sukses terus yah..
    dalam berinvestasi amal di dunia…

  2. terima kasih ya pak,.

    oh ya,.

    kapan lagi acaranya pak??

  3. iya deh paak..
    ntar ya kalo udah jadi mualaf…
    kalo jadiii…
    hehehehe^^v

  4. Assalamu’alaykum wr wb

    hiks.. hiks… ntah karena rindu dengan Rodel, atau apa..
    bacanya jadi meleleh pak..

    kayak lagunya Shoatul Harokah,
    “BANGKITLAH RODEL-KU… HARAPAN itu MASIH ADA…”

    ALLAHUAKBAR 1000x!!!

    _YUP

  5. bismillah,
    kpn2 ajak saya pak…

  6. assl….

    bangkit RHIS 8….
    always keep istiqomah….

    wassallam

  7. PAK, BISA TOLONG MINTA KEGIATAN BULANAN DAN TAHUNAN ROHISNYA. TRIM’S

  8. pak,, saya mau masuk tapi minggu ini belum bisa kayaknya,,

    oh iya,,
    masalah forum itu,
    saya udah dapat forum “no ads”

    tapi saya belum tahu kelemahannya..

    kalo bapak berminat mengisi materi disana silahkan saja datang ke “sepuluhdua.indonesianforum.net”

  9. pak,,kok pembekalan yg kmaren ga’ ada ? yg slanjutnya tlong dmasukin dong pak,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: