Persamaan Gerak (3) : Soal-soal Latihan

gbr-latihan-parabolaApa yang segera terlintas dipikiran ketika bahan ajar sudah menunjukkan akhir dari bab pelajaran itu? Ketika soal-soal latihan (bisa diunduh dibawah) sudah saya unggah disini? Yup, Ulangan. Atau Ujian Blok. Atau Ulangan Harian. Atau apapun namanya kan tetap saja kita harus bersiap-siap untuk diuji mengenai pokok bahasan. Artinya ujian sudah dekat. Artinya lagi kita harus bersiap-siap. Penghargaan yang nantinya diberikan oleh guru kepada kita yang kemudian disebut dengan nilai sebenarnya tergantung kesiapan kita menghadapi ujian. Artinya penghargaan yang kita dapatkan sebenarnya tergantung seberapa besar penghargaan kita kepada diri sendiri? Seberapa besar nilai atau penghargaan itu kan sebenarnya berbanding lurus dengan usaha atau amal perbuatan kita dalam menghadapi ujian itu.

Begitu juga hidup. Ada yang sudah dekat. Sudah pasti. Begitu kita melewati hari detik demi detik, sebenarnya ada yang sudah dekat dengan kita. Semakin dekat. Bahkan begitu dekat. Itu pasti. Semakin dekat dengan kematian. Sudah semakin dekat dengan keabadian. Sudah semakin dekat dengan hari yang dinantikan. Sudah semakin dekat dengan janji yang harus ditunaikan. Ya, seharusnya kita gerakan diri kita agar semakin dekat dengan kebaikan. Kembali ke persamaan gerak.

Gerak adalah energi, maksudnya menghasilkan energi. Tergantung kepada kita, mau kita arahkan kemana gerak dalam pikiran kita yang sebenarnya tidak pernah diam? Mau kita arahkan kemana gerak langkah kaki menuju? Mau kita arahkan kemana gerak suara, gerak tangan, gerak mata kita? Hanya ada dua tujuan. Dua sasaran. Yang diridhoi-Nya atau tidak diridhoi-Nya. Sebenarnya kita-lah yang menentukan.

Yang jelas, sekarang ini, arahkan dulu gerak mouse untuk mendownload soal-soal latihan gerak berikut. Memang tidak seberapa sih, alhamdulillah saya baru bisa mengetik ulang sekitar 40 soal objektif dan 5 soal uraian. 45 soal, ya semoga kita bisa mengerjakan dengan semangat 45. Semangat berlatih untuk persiapan ujian. Semangat untuk menghargai bahwa kita bisa punya harga diri untuk tidak dijajah dengan pikiran-pikiran orang lain ketika ujian (baca: nyontek); semangat untuk bangga dengan kemampuan kita sendiri untuk menerima nilai kita apa adanya (setelah memaksimalkan segala usaha dan upaya yang diridhoi-Nya) meskipun mungkin cuma bisa dapat sembilan puluh sembilan; semangat untuk terus bergerak yang mempunyai persaman-persamaan dengan gerak para ahli syurga, selalu mengorbit dalam lintasan yang diridhoi-Nya. Soal latihan Persamaan Gerak : download disini

7 Tanggapan

  1. assalamualaikum wr.wb

    makasih atas soalnya, ya pak…
    mudah-mudahan bisa ngejawabnya (amiin.)

  2. Assalamu’alaikum, pak…
    saya ersa…
    temannya ayou…

    melihat blog Bapak…
    saya menjadii terinspirasi…

    HIDUP FISIKA…

    • to: ersa
      Wa’alaykumusssalam
      alhamdulillah, kalau blog yang sederhana ini bisa menginspirasi…
      calon guru fisika ya?

  3. assalamualaikum
    ijin download pak….. terimakasih!!!
    Wassalamu’alaikum

  4. asalamualaikum
    numpang lewat untuk download pak ya… terimakasih.
    wasalamualaikum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: