Nilai Ujian Semester Geografi dan Fisika

Ada berapa puluh kalikah kita telah ujian? Untuk ujian semester saja bagi siswa kelas X, itu sedikitnya ada sekitar 20 kali jika dihitung sejak dari SD, belum lagi ujian harian, ujian nasional dan ujian-ujian lainnya. Lantas, apa sebenarnya yang dicari dari ujian-ujian yang kita lakukan selama ini selain sekedar mendapatkan “nilai” dan “peringkat” atau membebaskan diri dari “remedial” atau “tidak remedial”?. Pernahkah terpikir oleh kita, hakikat ujian yang kita ikuti ini sebenarnya? Atau kita tanpa sadar hanya menganggap bahwa ujian hanya sekedar bertujuan untuk naik ke tingkat yang lebih tinggi dari jenjang keduniawian semata tanpa memikirkan hakikat menuntut ilmu yang sebenarnya.

Sebelum semuanya terlambat, mungkin kita sebaiknya sering-sering meninjau kembali niat kita belajar dan ujian kita. Caranya cukup mudah. Coba kita tanya kepada diri kita sendiri. Apakah kita sering melupakan pelajaran-pelajaran yang sudah berlalu? Apakah kita sering membanggakan nilai dan predikat yang kita dapatkan? Apakah kita berusaha dengan segala cara (termasuk dengan cara yang tidak benar) agar ujian kita berhasil? Apakah kita sering melupakan Allah yang Maha Melihat dan Maha Mengawasi pada saat ujian? Jika kita menjawab iya (atau rasanya iya), maka berarti kita sudah lupa atau mungkin tidak tahu, apa sebenarnya hakikat menuntut ilmu yang sebenarnya.

Sesungguhnya niat yang harus ditanamkan pada diri seorang pembelajar dalam mencari ilmu adalah keikhlasan dalam mencari ridho dari Allah Subhana Wa Ta’ala, menghilangkan kebodohan dan meninggikan agama-Nya. Namun sekali lagi, kita masih menyibukkan diri belajar demi mendapatkan predikat tertentu dan bilamana kita sudah mendapatkannya, selesai sudah sampai disana.

Lantas apa ruginya jika kita hanya mengejar nilai duniawi semata? Jika itu yang kita lakukan, maka sebenarnya kita sedang dalam proses memiskinkan jiwa, kita sedang menyandarkan jiwa kita pada sandaran yang rapuh. Lemahnya sandaran itu akan menyebabkan ia tidak bisa menahan diri untuk bersabar, meski itu kemaksiatan. Dan Syaikh Zaid bin Muhammad bin Hadi Al Madkhali mengatakan, “Bersabar menahan diri dari kemaksiatan kepada Allah, sehingga dia berusaha menjauhi kemaksiatan; karena bahaya dunia, alam kubur dan akhirat siap menimpanya apabila dia melakukannya. Dan tidaklah umat-umat terdahulu binasa kecuali karena disebabkan kemaksiatan mereka, sebagaimana hal itu dikabarkan oleh Allah ‘azza wa jalla di dalam muhkam al-Qur’an. Di antara mereka ada yang ditenggelamkan oleh Allah ke dalam lautan, ada pula yang binasa karena disambar petir, ada pula yang dimusnahkan dengan suara yang mengguntur, dan ada juga di antara mereka yang dibenamkan oleh Allah ke dalam perut bumi, dan ada juga di antara mereka yang di rubah bentuk fisiknya (dikutuk).”

Orang yang ikhlas dalam menuntu ilmu adalah orang yang memiliki kebeningan hati. Orang yang ikhlas akan memiliki kejujuran. Dengan kebeningan hati ini, maka ia akan jujur terhadap bisikan hatinya. Dengan mengikuti bisikan hati, ia akan beramal sesuai dengan apa yang telah diperintahkan Allah kepada dirinya, dan hidup didunia ini dengan selalu menebar kebaikan serta menyiraminya tanpa pamrih. Berbeda dengan orang yang mengejar duniawi, ia akan selalu sibuk menghitung segala laku yang pernah dibuat.

Ujian semester (yang merupakan bagian dari ujian hidup) yang sedang kita lakoni bukan hanya menentukan angka berapa yang akan dituliskan pada nilai geografi atau fisika di rapor nanti, tetapi juga merupakan suatu upaya untuk mengetahui kualitas amal seseorang. Kualitas yang akan menentukan posisi kita kelak di akhirat. Apakah di syurga atau dineraka.

****
Dalam postingan ini, ada dua nilai, yaitu nilai ujian geografi semester genap kelas X – 1 sampai X – 5; dan nilai ujian fisika semester gasal kelas XI IPA 8 (kelas akselerasi); yang diujikan hari Sabtu, 13 Juni 2009 kemarin. Nama-nama siswi yang diminta untuk memperbaiki nilainya, atau yang belum ujian Insya Allah akan diumumkan besok Selasa, termasuk tugas-tugas yang harus dilakukan terlebih dahulu. Semoga bermanfaat!

NILAI UJIAN GEOGRAFI SEMESTER GENAP KELAS X
geo -10a
geo - 10b

NILAI UJIAN FISIKA SEMESTER GASAL KELAS XI IPA 8 (AKSELERASI)
Nilai Aksel

7 Tanggapan

  1. bapakk !!😀
    makasii suda d buatin nile nya .,😀
    heeh ,

  2. Alhamdulillah bapaaak..!!

    saya g’ remedi…

    ^_^

  3. makasi pak atas bimbingan selama ini.
    tp, karena saya yg belum gigih belajar ny, saya jadi gagal deh.
    saya janji akan berusaha lebih baik lg pak.
    mohon bimbingan nya y pak.

  4. Terimakasih pak telah ngajarin saya geo walaupun sya nggak ngerti dikit.Tapi makasih pak dan tolong pak nilai saya di bulatin aja jadi lapan

  5. alhamdulillah saya g rmed pak…

  6. alhamdulillah.
    akhirnya remed saya beres pak!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: