Tugas Geografi Sebelum Remedial

Yahya bin Abi Katsir (semoga Allah merahmatinya) pernah mengatakan, “Ilmu itu tidak akan didapatkan dengan banyak mengistirahatkan badan”, sebagaimana tercantum dalam shahih Imam Muslim. Terkadang seseorang harus menerima gangguan dari orang-orang yang terdekat darinya, apalagi orang lain yang hubungannya jauh darinya, hanya karena kegiatannya menuntut ilmu. Tidak ada yang bisa bertahan kecuali orang-orang yang mendapatkan anugerah ketegaran dari Allah.” (dari buku Taisirul Wushul)

Demikian juga kita-kita yang sedang menuntut ilmu. Belajar itu butuh yang namanya kesabaran. Banyak ujian disana, yang kesemuanya itu membutuhkan kesabaran untuk menempuhnya. Setelah belajar sedemikian rupa, dan menjaga diri sewaktu ujian, ditambah dengan do’a-doa; terkadang kita mendapatkan nilai yang tidak seperti kita harapkan. Maka bersabarlah, karena ini berarti kita sedang diistimewakan-Nya. Kita sedang diuji. Karena Ia Maha Tahu, bahwa hanya orang-orang seperti kita yang kuat inilah yang sanggup menerima ujian tersebut. Jadi kenapa mesti banyak mengeluh? Karena mengeluh sebenarnya hanya melemahkan semangat kita. Mengeluh hanya mensugesti diri kita bahwa diri kita itu lemah. Maka bersemangatlah.

Nah, demikian juga dengan ujian kemarin, (termasuk juga ujian yang kemarin-kemarinya), bagi yang masih bermasalah dengan ulangan harian, ujian semester dan sebagainya; sebelum ujian remedial, yang insya Allah diadakan hari Senin, 22 Juni 2009 besok, ada persyaratan yang harus dipenuhi. Insya Allah, persyaratan itu akan menguatkan kita.

Ketentuan tugas yang harus dibuat adalah (bagi siswa kelas X):

  1. Membuat soal dan pembahasan tentang kompetensi dasar atau pokok bahasan yang nilainya kurang saja;
  2. Jumlah soal yang dibuat berdasarkan prinsip keadilan, yaitu tergantung kepada selisih nilainya dengan nilai ketuntasan minimum dan dibulatkan kebawah; misalnya ulangan harian pertama tentang lithosfer nilainya 62,48; maka jumlah soal yang harus dibuat adalah 72,00 – 62,48; yaitu sebanyak 9 buah;
  3. Bagi yang bermasalah dengan ujian semester; maka soalnya dibuat bebas; yang jelas materinya hanya semester dua ini saja;
  4. Soal dan pembahasan tersebut diketik dengan menggunakan pengolah kata apa saja (microsoft word, open office, dll), dan gunakan nama kita sebagai nama file;
  5. Bagi siswa yang nilainya bermasalah untuk dua buah ujian atau lebih, maka tugas tersebut dapat dibuat dalam satu file saja;
  6. File tersebut dikirimkan paling lambat hari Sabtu, 20 Juni 2009 pukul 24.00 WIB dalam bentuk lampiran ke email saya yaitu :  sepenuhjiwa@gmail.com;
  7. Bagi yang mengirimkan email dengan cepat, maka insya Allah, akan saya kirimkan tugas (email) dari teman-temannya yang mengirim kemudian;
  8. Bagi yang telah mengirimkan emailnya; diharapkan memberitahu dengan memberikan koment di bawah sini (tidak mesti dengan nama asli);
  9. Dilarang keras saling kopi paste tugas dengan temannya; meski mungkin saya susah melacaknya, tapi ingat Allah Maha Mengetahui;
  10. Bagi siswa yang tidak mengumpulkan tugas tersebut diatas; maka tidak diperkenankan mengikuti ujian perbaikan.

Contoh penulisan tugas adalah:

1. Suatu gunung api dapat memiliki bentuk tameng (shield) karena
A. lavanya bersifat basaltik dan encer
B. lavanya bersifat asam dan padat
C. jarang mengeluarkan lava
D. kandungan gas yang dikeluarkan sangat tinggi
E. tidak mengeluarkang gas

Jawaban soal ini adalah : A

Pembahasan:
Berdasarkan perbedaan susunan mineral yang dikandungnya, magma terdiri dari:

  • Magma asam (granitis): Magma yang banyak mengandung kuarsa (SiO2) seperti granit dan diorit dan berwarna terang. Magma ini dapat menghasilkan letusan yang hebat karena magmanya yang bersifat kental. Magma tipe ini menghasilkan tipe gunung api komposit (strato) dan gunung api maar.
  • Magma basa (basaltis):Magma yang banyak mengandung besi dan magnesium, dan berwarna gelap. Contohnya gabro, muskovit, basalt dan biotit. Karena sifatnya yang cair magma dapat menutupi wilayah yang luas, tetapi lapisannya tipis. Jenis magma ini dapat dijumpai pada pematang samudera dimana kedua lempeng saling menjauh dan berada didataran vulkanik serta plato pada benua. Suhunya lebih tinggi dari magma asam, yaitu sekitar 9000C sampai 12000C, dan mengalir dengan kecepatan yang cukup tinggi. Tipe gunung api yang dihasilkan dari magma ini adalah tipe Hawaii, tipe Pahoehoe dan tipe gunung api perisai (tameng)
  • Magma pertengahan (andesitis):magma yang mengandung kuarsa, besi dan magnesium seimbang, dan berwarna kelabu gelap

Nah, mudah-mudahan dengan tugas dan ujian yang kita perbuat; semakin mengokohkan kita dan membuat kita selalu belajar, terutama belajar dalam memahami makna kesabaran.

80 Tanggapan

  1. assalamu’alaikum pak,,
    saya mw tnya pak,, mteri uh 1 dan 2 pa saja pak??
    saya lpa pak,,

  2. pak Rudi, kalau remed uh 1 gimana pak ?
    tugasnya apa pak.?

    • to: keysha w
      uh 1, kan tentang lithosfer sampai pedosfer.
      sampai hari sabtu ya? kalau sudah ngirim; baru kemudian ujiannya senin

  3. iya pak, makasih informasinya pak

  4. pak kalo uh 1 dn ujian smester remedial tgasnya brapa soal pak???digabung gmna pak???

  5. oke deh pak..
    soal remedial.a jgn sulit2 ya pak..😀
    brarti kalo remed semester, semua bahan donk pak? waduh..

  6. pak yg pemutihan tu d ikutkan jg??

    pak kalo 16.64 jadi nya brpa soal pak??

    • Masa iya? 16,64?
      yah kurangi saja 72 – 16 = 51? tapi setahu saya setiap ujian saya gak ada lah siswa yang nilainya dibawah 20,00
      atau 16,64 soal? ya dibulatkan ke bawah saja; jadi 16 buah saja…

  7. Hhmm….semoga sukses dech he he he…

    Salam hangat Bocahbancar…..

  8. pak…
    dah dkirim tugasnya…

  9. pak saya sudah kirim tugasnya

  10. Pak…
    tugasnya sudah saya kirim🙂

  11. Pak. .

    Tugas saya sudah saya kirim . .

  12. asslamualaikum pak,
    tugasnya sudah saya kirim ..

  13. Pak, tugasnya sudah saya kirim.

  14. pak rudi tugasnya sudah saya kirim,,

    mkasih pak

  15. Pak diva udah buat…

  16. Hosting file2 nya kok gak di indowebster ajah ya pak?
    biar kenceng gitu..
    kalo di ziddu koneksi nya sering ngadat pak..
    maaf kalau sok tahu pak.
    ^_^

  17. duh pak..
    malah sama sekali gak bisa di unduh nih pak..
    hix hix

  18. pak rudi ,saya uda kirim tugas nya ,
    maaf pak telat ,
    tapi gpapa yy pak ,
    okeh pak ,
    smua suda beres ,
    saya bikin 2 kali dengan nama file

    “remedial uh 1 marta ulina geo”
    dan
    “remedial uh 2 geografi”

    maaf pak saya bikin 2 file ,
    smoga saya bisa dpt nilai baguss yya pak .,
    trimakasii

  19. ass.. pak!

    tugas udah saya krm pak..
    maaf tlat pak..

    tapi ga pa2 ya pak..

    akhr nya tugas sya slese pak..

    smoga nlai sya bagus n ga ad remed lg ya pak..
    amiin..
    oia! tugas sya jdul nya “tugs sebelum remedial (uh1)

  20. Pak . .

    Punya saya sudah masuk, pak? . .

  21. assalamu’alaikum pak…
    pak, saya udh kirim y pak…
    saya kirim sepuluh soal…
    nilai saya enam koma gitu pak…

  22. pak, nilai saya 64,29,,,
    tp saya udh terlnjur buat sepuluh soal,, gag apa ya pak…

  23. Tugasnya sudah saya kirim pak.

  24. Ass pak
    Pak Maaf karena ngumpilnya agak telat dan semoga nilai saya bagus pak
    Ohya pak penjelaesannya saya kurang mohon dimaafkan

  25. assalamualaikum pak..
    tugasnya udah saya kirim..
    soal remednya jangan susah2 ya pak..
    makasi pak..

  26. pak tugas nya udah saya kirim…

  27. pak.. tugasnya sudah saya kirim..
    dengan penuh perjuangan.. gara2 mati lampu.. mudah-mudahan sampai..
    makasih pak..🙂

  28. pak, tugas sudah saya kirim ^^
    maaf agak telat yah pak…

    smoga lain hari nggak ad yg remed lagi
    amin~~~

  29. pak…

    saya baru tahu tgs remedny jan 11:35 tgl 20..

    jadi saya buatnya tdk pakai pmbhasan..

    gimana ni pak…??

    saya mohon maaf sekali pak…

    fitria
    x.3

  30. Assalamu’alaikum pak,,

    pak rudi,, saya M.firmansyah Putra X.5,, kemarin sudah saya kirim tugasnya yg ulha 1 22 soal yg ulha 2 18 soal,, sudah masuk pak??

  31. ass..pak

    sy sdh krm tdi mlm pak…

    apkh sdh d trima pak?

    fitria hasanah
    x.3

  32. pak tugas saya sudah masuk ?

  33. Ass
    pak udah saya kirimin pak tugasnya

  34. ass. pak
    saya mohon maaf karena tugas remedial saya , baru sempat saya kirim hari ini .
    sudah masuk pak ?
    sya minta maaf sekali lagi , karena terlambat ya pak .🙂

  35. ass
    tugas saya udah masuk pak???

  36. assalammualaikum pak,.
    maaf telat,,bru tau tadi pagi..
    uda masuk pak?

  37. bapak,
    tgsnya baru saya kirim barusan..
    maaf ya pak,
    g’ tepat waktu…
    ada sedikit masalah pak…
    [mati lampu..]

  38. pak…
    tgas sya udh msuk.?
    kmren mlam sya krim..

  39. asslamu’ailaikum pak..

    maaf pak sya bru membri tahu skrg,,,
    tgas saya sdah sya krim & ap udah msuk pak??

    oia pak..

    sya di amanahkan oleh givano ramadhan kelas X.5

    bahwa dia jga sudah mngrimkan tgasnya pak…

    trma kasih pak..

    assalamu’alaikum

  40. ass. pak
    saya mohon maaf karena tugas remedial saya , baru sempat saya kirim hari ini .
    sudah masuk pak ?
    sya minta maaf sekali lagi , karena terlambat ya pak .

  41. assalamualikum..
    pak tugasnya sudah saya kirim ulang..
    maaf kalo saya ngirimnya baru sekarang..
    saya harap bapak mau menerimanya..

  42. pak saya udah kirim ulang lho pk…
    ad tidak ?

  43. Pak..saya da krim tugas na pa’….
    tlong d priksa pa’….maaf klo tlat y pa’….

  44. ASSALAMMUALAIKUM pak..
    maaf saya terlambat pak..
    uda masuk?
    trimakasih

  45. pakk tugas itu sudah saya kirim dari kemaren tapi kok tidak bisa masuk juga pak .katanya alamat email bapak salah.
    bingung saya pak…😦

  46. pakkkkkkkkk……………….
    maaaaaaffffff pak telaaaaaat…
    maaaf yia pakkkkkk……
    udah nyampe pak ?

  47. Assalamualaikum pak..
    masih belum ada juga pak ?
    saya sudah coba kirim td pagi pak .
    di email saya sudah terkirim pak..
    bgaimana ni pak ?
    bingung saya pak
    =(

  48. udah saya kirim pak …

  49. pak, tugasnya udah saya kirim barusan.
    udah masuk blum pak?

  50. assalamualaikum..
    pak tugas nya uda saya kirim.
    maaf ya pak telat.
    udah terkirim kan pak?

  51. pak remednya sudah saya kirim,, keterima gag pak????
    hehehe maaf y pak telat ..
    :))

  52. pak, tugasnya udah saya kirim, maaf terlambat, saya baru tahu beritanya tadi krn saya baru plg dari padang kemarin.

  53. pak,maaf tlambat soalnya sya gg tau nilai uh 1 sya dan gg tau bab nya ap aj..
    mhon dimaafkan pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: