Slogan kelas kita, kelas X- 2

slogan kelas X-2

Inilah mungkin kelas pertama yang punya slogan. Kelas X – 2 di SMA Negeri 8 Pekanbaru. Slogan ini saya buat guna memacu semangat dan juga cita- cita anggota kelas. Suatu cita-cita atau gagasan yang mudah-mudahan bisa melahirkan kebersamaan dan bisa terekspresikan dalam budaya sehari-hari. Tugas dan tanggung jawab kita-lah untuk mewujudkan slogan ini. Ingat, slogan ini bukan status, bukan sesuatu yang perlu kita banggakan. Tapi slogan ini adalah tekad, yang akan kita coba gapai bersama. Beginilah slogan kelas X – 2, yang dipasang berjejer dengan visi sekolah:

slogan kelas X-2

Saya mencoba menjelaskan isi dari makna slogan tersebut:

  • Bersih,
    Sebenarnya begini, keadaan jiwa seseorang menjadi penentu utama bagi diri dalam berfikir, bersikap dan berperilaku serta berbicara. Sikap dan perilaku yang baik atau buruk sangat ditentukan oleh apakah jiwanya bersih atau tidak. Pola hidup bersih harus berawal dari diri sendiri. Kita mulai berlatih hidup bersih dari pikiran, lisan, tingkah laku, lingkungan, jiwa dan perasaan. Setiap helai pikiran yang dari diri kita hendaklah pikiran yang bersih, jauh dari pikiran yang kotor, keji dan tidak senonoh. Setiap untaian kata yang keluar dari lisan kita haruslah penuh makna, hindari kata-kata yang tidak pada tempatnya. Setiap tingkah dan perilaku yang keluar dari badan kita hendaklah sesuai dengan tuntutan agama yang kita anut, agar tidak menimbulkan kekotoran perilaku. Begitu juga lingkungan, jiwa, hati dan perasaan yang harus kita jaga sekuat mungkin dari debu-debu yang mengotorinya. Makin bersih kita, insya Allah kita akan lebih peka melihat aib dan kekurangan diri sendiri. Bahkan, kita akan lebih peka terhadap peluang amal dan ilmu. Maka tidak ada lagi alasan untuk menunda-nunda hidup bersih.
  • Tertata,
    Tertata merupakan kebutuhan kita agar hidup semakin nyaman dan tentram. Karena itu hidup yang tertata merupakan suatu keniscayaan. Waktu yang tertata akan meraih hidup yang lebih bermakna. Kata yang tertata akan menghilangkan silang sengketa. Tertata lingkungan akan menghilangkan rasa letih dan memudahkan kita beraktivitas. Tertata ibadah akan memberikan rasa segar yang berkepanjangan, karena ibadah adalah aktivitas untuk mereguk energi dari Tuhan untuk mengarungi hidup yang cukup berat ini. Makin tertata kita, insya Allah kita akan lebih mudah melihat masa depan seperti apa yang kita inginkan.
  • Berprestasi,
    Inilah proyeksi akhir dari tekad hidup yang bersih dan tertata. Berprestasi. Mencapi nilai yang optimal. Memang berprestasi dihadapan manusia itu penting, tapi yang lebih penting adalah jika prestasi itu juga dianggap sebagai prestasi di hadapan Tuhan. Inilah tujuan hidup. Lebih penting berprestasi dihadapan-Nya dibanding dihadapan manusia. Karena, menjalani hidup adalah meraih kebaikan (prestasi) demi kebaikan yang bernilai dihadapan-Nya.

Begitulah, ini bukan sekedar bermuluk-muluk saja, tapi ini adalah tekad. Bukan tekad pribadi, tapi kita tekad semua, tekad bersama, tekad seluruh anggota kelas X – 2. Lantas, ada yang mau nambah? Atau ada yang ingin bertekad lain? Atau ?

5 Tanggapan

  1. pak, kami atas nama anak-anak x.2 jadi semangat belajar dgn adanya slogan ini, he he he
    moga2 kelas kita bener2 mewujudkan slogan ini ya pak… amin

  2. assalamu’alaikum wr wb,,

    pak, kami mewakili kelas 10.2
    ingin meminta maaf tas kesalahan kami:
    1. kelas yang harusnya bersih seperti selogan, malah tampak kotor
    2. kami tidak mau diatur seperti harapan bapak
    3. nilai kami jauh dari kata ‘berprestasi’
    dan masih banyak kesalahan kami lainnya yang tidak mungkin muat didalam box coment ini.
    dan semua kesalahan kami mebuat bapak kecewa terhadap kami, yang padahal bapk dah sepenuh hati ngurus kami…

    pak, kami tahu dengan minta maaf tidak cukup untuk memperbaiki kesalahan kami, kami akan berusaha untuk memperbaiki dan membuat bapak bangga pada 10.2..

    kami mohon do’a dari bapak,
    karena tanpa do’a bapak, itu semua tidak akan berjalan lancar..

    :’)

    wassalammu’alaikum waroh matullahi wabarokatuh

  3. semoga Sukses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: