BSNP Rencana Naikkan Standar Kelulusan UN 2010

belajar 12 ia5-2006-22

Informasi bagi peserta didik kelas XII, (khususnya anak akselerasi sman 8 pekanbaru, yang saya bimbing untuk belajar fisikanya), saya ambil dari  Republika Online, edisi hari senin 29 Juni 2009 pukul 18:40:00. Begini beritanya:

SEMARANG — Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) berencana menaikkan lagi standar kelulusan Ujian Nasional (UN) pada 2010. Ketua BSNP, Prof Mungin Eddy Wibowo di Semarang, Senin (29/6) mengatakan, standar kelulusan UN setiap tahun memang selalu mengalami kenaikan. “Tahun lalu standar kelulusan 5,25, naik menjadi 5,5 tahun ini, dan rencananya pada 2010 akan dinaikkan lagi,” katanya.

Menurut dia, kenaikan standar kelulusan UN didasarkan pada standar pendidikan nasional dan diharapkan dapat memacu motivasi peserta didik dan guru. “Kenaikan standar kelulusan UN juga dimaksudkan untuk meningkatkan tingkat pembelajaran dan proses pencapaian pendidikan,” katanya. Namun, menurut dia, BSNP tetap akan melihat dan mempertimbangkan keragaman pencapaian pendidikan di setiap daerah yang akan dianalisis dan dievaluasi.

Menurut dia, ada tiga pihak yang dapat melakukan penilaian pendidikan. Pertama pendidik lewat ulangan atau tugas, kedua satuan pendidikan lewat ujian sekolah, dan terakhir pemerintah lewat UN. Karena itu, salah satu pencapaian pendidikan yang dapat dijadikan tolok ukur adalah tingkat kelulusan UN. “Tingkat kelulusan UN di setiap daerah memang bervariasi, namun secara umum menunjukkan kenaikan dibandingkan dengan tahun lalu,” katanya.

Padahal, kata dia, standar kelulusan dari semula sebesar 5,25 untuk rata-rata seluruh mata pelajaran yang diujikan, dinaikkan menjadi sebesar 5,5 pada tahun ini.  Ia mengatakan, kenaikan tingkat kelulusan UN secara umum tersebut menunjukkan peningkatan standar pendidikan nasional dan pencapaian satuan pendidikan di beberapa daerah.

Selain itu, kata dia, kenaikan standar UN juga akan dipertimbangkan dari beberapa aspek, antara lain standar isi, standar kompetensi lulusan, standar pendidik, dan standar proses.  Mungin belum menetapkan besaran kenaikan standar kelulusan UN pada 2010.

Ia mengatakan, BSNP perlu membicarakan dan menganalisis lebih dulu hasil-hasil yang dicapai oleh setiap satuan pendidikan di seluruh daerah untuk menentukan besar standar kelulusan UN nantinya. “Tapi, kami memastikan kenaikan standar kelulusan UN tidak akan dilakukan secara drastis, namun akan dilakukan secara bertahap dengan mempertimbangkan berbagai aspek,” katanya.ant/bur

Begitulah…, terkadang informasi-informasi seperti ini berguna bagi kita meski untuk sekedar memicu adrenalin agar lebih semangat belajarnya.

12 Tanggapan

  1. duch….naek lg…..gmn mw belajar’y…..

  2. denger2 ujian nasional mau ditambah plajaran agama ya buat SMK?

    • hmm…. sy blum denger, tpi di syarat kelulusan kan sudah termasuk didlmnya nilai2 agama.

  3. ehm,,

    UN taun ini kata,y SMP di tmbah IPS ya ??

  4. YA ALLAH moga ja standar nilai UAN 2010 tidak di naikkan,,
    kalaupun d naikkkan, moga ga drastis n tinggi2 dari sbelumnnya,, AMIN YA ALLAH..

  5. Tenang aja, sampe 9,00 pun, minimal 95% siswa bakal lulus ujia. Dan nanti tahun 2035 prestasi siswa Indonesia bakal = 12,00. Hitung aja, tiap tahun naik 0,25 kok.

    • hmmm, analisa keren….!
      Memang nampaknya seperti itu, kalaupun yang ujian itu anak kelas x atau xi, mungkin juga bakalan lulus.

  6. pemerintahnya pada stres………………………..

    bisanya menuntut doank,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    jgn tiap tahun nilainya yg dinaikan tp harusnya kualitas guru dan sekolah yg harus ditingkatkan…………..

    mikir donk harusnya pemerintah………………..

  7. untuk teman bergiatlah belajar,terutama siswa sma n1 pardamean

  8. memang perlu peningkatan mutu dari segala bidang. stdr kllsan naik berarti mutu juga ningkat asal jngn naiknya krn katrolan/rekayasa

  9. Ya Allah…
    Mngkin ni memang semata” ntuk meningkatkn pendidikan yg lbh brprestasi lg. Mdah”an smua nak XII SMAN 1 Jakarta pda lulus 100%. Amiin… Ya,wlaupun BSNP tiap thn slalu naik O,25.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: