Prosedur Operasi Ujian Nasional 2009/2010

Setelah mendiknas menerbitkan Peraturan-peraturan yang berkaitan dengan ujian nasional 2010, yaitu Permen Nomor 74 Tentang UASBN, Permen 75  Tahun 2009 Tentang UN SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB), dan SMK;  yang didalamnya berisikan peraturan-peraturan ujian nasional 2009/2010 dan direvisi dengan Permen no 84 tahun 2009,  maka giliran BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) menerbitkan Prosedur Operasi Standar (POS) Ujian Nasional 2009/2010.  Didalam POS ini (didownload di bagian bawah) dapat dilihat bagaimana peraturan-peraturan ujian nasional, tata tertib, jadwal dan beberapa hal yang bisa kita pedomani untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti ujian nasional.

Sebenarnya saya akan memasukkan untuk yang SMA/MA saja, berhubung biasanya ada beberapa teman yang meminta untuk SD atau SMP, atau SMK; jadinya disini saya masukkan POS Ujian Nasional 2009/2010 untuk ketiganya, yaitu:

  • Lampiran Keputusan BSNP Nomor 0026/BSNP/XII/2009 Tentang POS Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) SD/MI/SDLB  Tahun Pelajaran 2009/2010;  (silakan download disini)
  • Keputusan BSNP Nomor 0024/SK-Pos/BSNP/XII/2009 Tentang POS UN SMP/MTS, SMPLB, SMALB  dan SMK Tahun Pelajaran 2009/2010  (silakan download disini)

Untuk Peraturan Menteri Nomor 74 dan 75, yang didalamnya terdapat kisi-kisi sebagaimana disebutkan diatas, dapat dilihat disini; sedangkan Peraturan Menteri Nomor 84 dapat dilihat disini.

Akhirnya, setelah segala peraturan ujian nasional dikeluarkan; maka tinggal kita lagi mempersiapkan diri untuk menghadapi dan mengikuti dengan sepenuh hati. Semoga berhasil dan meraih hasil yang optimal.

3 Tanggapan

  1. Bagai mn kalo plaksanan UN SMA nya ga pake sistem acak,,,,,,
    klw UN di lingkungan laen kan beda rasanya,,,

    • wah, mas Arie; peraturan itu kan sudah direvisi; jadi un tetap disekolah masing-masing lho.

  2. makasih pak sis, aku jadi dapat file pos un 2010 setelah sekian lama gak dapet2. tq

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: