Akhirnya Berpindah Ke Ubuntu Sabily

Alhamdulillah, bisa kembali lagi mengisi blog ini, setelah beberapa saat meninggalkan. Hal ini karena saya ingin fokus ke dua hal yang saya kerjakan pada bulan-bulan ini; yaitu menyiapkan anak-anak kelas XII Ipa 8 (kelas Akselerasi) untuk menyambut Ujian Nasional 2010 dan mempelajari serta menetapkan distro mana yang cocok untuk mengganti Windows beserta program-program turunannya untuk laptop saya. Sebenarnya sudah sejak 2007 berkenalan dengan linux, dan juga beberapa kali menginstal beberapa distro linux, berdampingan dengan windows xp yang bawaan laptop (dual booting); namun berdasarkan pengalaman, biasanya yang linux itu hampir tidak pernah terpakai karena sudah terbiasa dengan program-program windows yang sebagian besar bajakan (sedikit yang benar-benar beli, dan sedikit juga yang free software). Nah, setelah dipikir-pikir, kalau begitu terus, maka rasa-rasanya program open source ini tidak akan jalan-jalan; harus diambil jalan tegas. Buang semua program-progam tersebut dan total ke open source. Apapun resikonya.

Meski sempat hampir menyerah pada keadaan, akhirnya pilihan jatuh pada ubuntu, setelah mencoba menginstal dan membandingkan beberapa distro. Akhirnya pilihan jatuh pada Ubuntu yang Muslim Edition-nya, yaitu Sabily 9.10 (Gaza); yang saya download program iso-nya dari sini. Bagi yang mau tahu bagaimana itu Sabily, bisa dibaca di sini: http://www.sabily.org/website/index.php/in/sabily/apa-itu-sabily

Dan bagi yang berminat dengan installer ini, bisa didownload disini:sini atau menghubungi saya, khususnya yang di Pekanbaru (SMA Negeri 8 Pekanbaru). Cukup bawa 1 buah DVD saja, Insya Allah akan saya kopikan iso sabily ini.

Untuk instalasinya di websitenya sabily sudah diberikan petunjuk yang sangat memadai, tinggal ikuti petunjuk disini saja; insya Allah selesai.

Sesuai dengan asal nama Ubuntu yang berasal dari bahasa kuno Afrika yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”. Dan bisa berarti “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”; maka di blog ini saya tambah kategorinya dengan kateogori Ubuntu ME

Kategori ini sebenarnya untuk menjadi arsip saya dalam penggunaan ubuntu; dan syukur-syukur berguna jika ada yang memiliki masalah sama. Karena saya belum begitu mahir; mohon maaf kalau ada yang nanya; nantinya tidak terjawab oleh saya. Oleh karena saya lebih banyak berkaitan dengan pengolahan kata dan data; maka mungkin saja isi kateogori ini lebih banyak berkaitan dengan dua hal itu. Jika ada yang pernah posting hal yang serupa, atau pernah membaca postingan yang serupa dan itu jauh lebih bagus dan praktis dari yang saya tulis itu, sudilah kiranya membagi.

Beberapa hand-out hasil bekerja di bawah open source ini, insya Allah akan saya postingkan berangsur-angsur; menggantikan yang pernah saya tulis menggunakan microsoft Office, yang mau tidak mau saya juga harus tahu diri untuk berterima kasih kepada mereka, karena melalui mereka saya mendapatkan berbagai hal berkaitan dengan komputer.

2 Tanggapan

  1. Pak Guru, saya jadi pengen tahu. Apakah masih ada kewajiban siswa untuk menulis karya tulis/laporan dengan format proprietari seperti .doc, .docx, ppt, pptx?🙂

    • wah, setahu saya gak ada kewajiban menulisnya pake apa; yang penting boleh pakai apa saja.
      Tapi itu tergantung gurunya; biasanya guru kan mewajibkan format tertentu itu mungkin juga karena keterbatasan pada format yang tersedia di komputer beliau.
      Nanti, mudah2an saya bisa mewajibkan tugas menggunakan open source, seperti open office; biar lebih memasyarakat

Tinggalkan Balasan

