Menambahkan Font di Ubuntu Sabily

Masalah pertama setelah saya menginstal laptop saya dengan Ubuntu ME; adalah berkaitan dengan data-data saya yang berupa dokumen di Microsoft Office. Semua data yang dari sana sebenarnya dapat dipindahkan semuanya ke OpenOffice, cuma yang menjadi sedikit masalah adalah font. Sebagian data-data itu baik yang berupa hand-out atau tulisan-tulisan lain, fontnya sebagian tidak terdeteksi oleh OpenOffice, jika diedit satu-satu, akan memakan banyak waktu.
Setelah cari kesana-kemari, akhirnya ternyata bertemu juga dengan cara yang mudah untuk menambah font di openoffice kita. Sebenarnya ada beberapa cara yang untuk menginstal font-font baru di openoffice, tapi yang saya saya pilih untuk digunakan (karena rasanya lebih praktis) adalah cara sebagai berikut:

  • Kumpulkan font-font yang akan kita tambahkan dalam satu folder, letakan di home. Misalnya yang barusan saya lakukan adalah mengumpulkan font-font yang saya anggap bagus ke dalam folder yang saya beri nama “myfont” (nama ini terserah kita, boleh apa saja; dan ditulis tanpa tanda kutip).
  • Kemudian buka terminal;

Applications ==> Accessories ==> terminal

Kemudian masulkan ke dalam folder myfont (folder tempat menyimpan font-font tadi),

ketikan pada terminal tadi :      “cd myfont” (tanpa tanda kutip)

  • Kopikan semua font yang berada di dalam my font ke tempat font di file system; Sudah kita ketahui secara umum bahwa direktori font di Ubuntu Sabily 9.02 berada di direktori File System : /usr/share/fonts.

Cara mengkopinya adalah ketikan perintah berikut:

sudo cp *.* /usr/share/fonts

Artinya kurang lebih begini: kopikan semua file yang berada di folder ini (my font) ke File System : /usr/share/fonts

Kemudian buka oppen office kita dan buka bagian fontnya; maka font-font kita sudah bertambah. Ternyata tidak sesusah yang dibayangkan. Dan cara ini mungkin waktunya hampir sama (bahkan mungkin lebih cepat) daripada ketika kita menginstal font di Microsoft Windows menggunakan Control Panel. Alhamdulillah…

Untuk informasi tambahan, kita bisa mendapatkan tambahan-tambahan font dengan cara mencari di google, ketikan saja “free font download”; dan biasanya saya mengambilnya di 1001 Freefonts; pilih fontnya kemudian klik windows download dan simpan ke folder yang kita inginkan; atau di tempat lain juga banyak, semisal di :Fontstock;   AbstractfontsGrafitifonts ;ShowfontSpecialtyfontsFree-fontsLinotypeAcidfonts dan lain-lain.
Untuk font basmalah yang biasa saya gunakan sebagai pembuka hand-out atau tulisan-tulisan saya bisa didownload di sini : Fontspace

Satu Tanggapan

  1. sebagai pemberitahuan pak,,di windows jga bisa d lakukan hal yang sama,,

    -kumpulin font yg di inginkan,lalu copy kan saja ke folder C: windows/fonts tidak perlu juga lewat control panel,,

Tinggalkan Balasan

