Induksi Magnet (1) : Pendahuluan

Gejala kemagnetan dan kelistrikan berkaitan sangat erat. Sifat kemagnetan tidak hanya ditimbulkan oleh bahan magnetik, tetapi juga arus listrik. Pada tahun 1819 Oersted (Hans Christian Oersted, Denmark,1777 – 1851) menemukan bahwa disekitar arus listrik terdapat medan (induksi) magnet.

Arah penyimpangan kutub Utara magnet jarum pada percobaan Oersted ditentukan dengan kaidah tangan kanan Ampere, Yaitu: Jika penghantar yang berarus listrik dibentangkan antara magnet jarum dan tangan kanan, sedangkan arus listrik mengalir dari pergelangan ke ujung jari maka kutub Utara magnet jarum menyimpang searah ibu jari.

Pada dasarnya membuat magnet dapat dilakukan dengan cara menyearahkan magnet-magnet elementernya sehingga teratur dan menunjuk pada satu arah.

Ada 3 cara membuat magnet, yaitu:

  1. Mengalirkan arus listrik searah pada kawat yang dililitkan pada sebatang besi, magnet yang dihasilkan biasanya disebut dengan magnet listrik atau elektromagnet
  2. Menggosok besi atau baja dalam satu arah menggunakan sebuah magnet batang. Kutub magnet yang dihasilkan selalu berlawanan dengan kutub magnet penggosoknya.
  3. Induksi magnet, yaitu ketika batang besi atau baja menjadi magnet akibat sebuah magnet kuat yang berada di dekatnya (tanpa menyentuh).

Garis gaya magnet (spektrum magnetik) merupakan garis khayal yang merupakan lintasan kutub utara magnet-magnet kecil apabila dapat bergerak bebas, memancar dari kutub utara ke kutub selatan, berbentuk radial dan tidak pernah berpotongan.

Kuat medan magnetik disuatu titik adalah gaya magnetik yang dialami tiap satu-satuan kuat kutub magnet utara di suatu titik yang berada di dalam medan magnetik magnet lain.Kuat medan magnetik yang disebabkan oleh arus listrik disebut dengan induksi magnetik

Kaidah Tangan Kanan

Digunakan untuk menentukan arah induksi magnet yang disebabkan oleh arus listrik. “Jika kita menggenggam penghantar berarus listrik dengan tangan kanan, maka ibu jari menunjukkan arah arus listrik dan keempat jari lainnya menunjukkan arah putaran garis-garis gaya magnet

Koordinat Kartesian Tiga Dimensi

Untuk mempermudah memahami arah induksi magnetik digunakan ketentuan berikut: Jika Posisi Kita menghadap ke bidang kertas ini.

Tentukan dan gambarkan arah induksi magnet dari seutas kawat lurus

  1. Disebelah kanan kawat berarus listrik yang arah arus nya ke utara

  2. Disebelah kanan kawat berarus listrik yang arah arusnya ke atas

  3. Disebelah atas kawat berarus listrik yang arah arusnya ke arah barat

  4. Disebelah selatan kawat berarus listrik yang arah arusnya ke atas

  5. Disebelah kanan kawat berarus listrik yang arah arusnya ke selatan

  6. Disebelah bawah kawat berarus listrik yang arah arusnya ke kanan

TES

Satu Tanggapan

  1. terima kasih, sangat bermanfaat sekali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: