Pembangunan Musholla SMA Negeri 8 Pekanbaru

Tulisan ini pindahan dari website: sepenggal.com

Mushola SMAN 8 Pekanbaru
“Demi masa.Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal soleh, dan nasihat-menasihati supaya menaati kebenaran, dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran”(QS. Al Asr :1 – 3)

“Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allahdan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut(kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk. (Surah At Taubah (9): 18)
Puji syukur kehadirat Allah Subhana Wa Ta’ala, Rabb yang satu-satunya kita sembah, tiada Ilah selain-Nya, yang telah menganugerahkan kepada kita jalan yang terang, yang dengan cahaya itu kita mampu melihat antara yang haq dengan yang bathil, cahaya yang bukan hanya mampu menyinari kehidupan kita secara pribadi, namun juga menerangi orang-orang yang ada disekelilingnya. Sholawat dan salam semoga tercurah kepada Rasulullah SAW, keluarga, sahabat, serta orang-orang yang senantiasa istiqomah menjalani sunnahnya. Jalan yang panjang, penuh dengan rintangan, duri dan juga harapan. Harapan yang membuat kita hidup hari ini, harapan yang menjadikan duka menjadi asa, luka menjadi bahagia, syahid menjadi syurga.

Masa muda adalah masa-masa yang produktif untuk menggali ilmu, menambah wawasan, serta mengembangkan kreativitas. Pada masa-masa inilah banyak ide-ide kreatif yang timbul sebagai bentuk dari apresiasi diri kalangan remaja. Sangat disayangkan jika masa-masa produktif ini digunakan untuk melakukan hal yang kurang atau bahkan tidak bermanfaat.

Pemuda adalah tiang agama. Masa-masa kejayaan Islam tidak luput dari peranan pemuda Islam didalamnya. Mulai dari Ali bin Abi Thalib hingga M. Al Fatih sang penakluk Konstantinopel. Namun jika dilihat pada zaman sekarang ini, kualitas pemuda muslim sangat jauh tertinggal. Kebanyakan dari pemuda muslim lebih senang menghabiskan waktunya untuk bersenang-senang dengan hal yang duniawi tanpa pernah terpacu untuk mengejar hal-hal yang berhubungan dengan akhirat. Kita dapat dengan mudah menemukan banyak pemuda di Mall dan tempat hiburan lainnya namun sangat jarang kita temukan para pemuda di masjid-masjid. Hal ini mengindikasikan bahwa minat para pemuda untuk mendalami agama mereka sangat rendah.

Peranan Mushola pada saat ini di sekolah-sekolah sangat berperan untuk membina generasi yang madani, karena Mushola di samping sebagai sarana ukhuwah islamiyah juga sebagai sarana membantu pendidikan non formal yang memberi dampak positif kepada warga Sekolah dan masyarakat di lingkungan sekolah pada umumnya. Yang pada gilirannya dapat menjadi filter bagi umat Islam.
SMA Negeri 8 Pekabaru yang telah berdiri sejak tahun 1977, telah berupaya untuk meningkatkan mutu sekolah dan berusaha mewujudkan visi sekolah yaitu Terwujudnya SMA Negeri 8 Pekanbaru sebagai sekolah bertaraf internasional yang unggul di bidang akademis, disiplin, agamis dan kompetitif.

Teruwujudnya akhlak mulia sesuai dengan visi sekolah tersebut, tidak terlepas dari penanaman nilai-nilai dan norma agama yang terintegrasi dalam proses pembelajaran dan kegiatan-kegiatan keagamaan terutama dalam beribadah.

Ibadah adalah kebutuhan dasar setiap kaum muslim dan seiring dengan bertambahnya jumlah siswa di SMA Negeri 8 Pekanbaru yang sebagian besar beragama Islam berimbas pada kebutuhan sarana ibadah berupa Musholla.

Mushola disamping peranannya sebagai sarana menjalin ukhuwah islamiyah juga sudah saatnya digunakan untuk kegiatan-kegiatan sosial lainnya sepanjang untuk kemaslatan peranannya. Sehubungan dengan semangat umat Islam untuk meningkatkan syiar Islam dan kualitas pemahamanan sekaligus pendalaman terhadap ajaran Islam dengan hati yang tulus dan keinginan yang kuat, segenap pengurus dan Panitia Pembangunan Mushola mengajak kepada segenap lapisan masyarakat khususnya kaum muslimin dan muslimat untuk menaruh perhatian terhadap rencana mulia tersebut.

Mengingat pertimbangan-pertimbangan tersebut diatas, maka kami seluruh tenaga pendidik dan tenaga pendidikan, peserta didik, dan seluruh civitas akademika SMA Negeri 8 Pekanbaru bermaksud ingin memperluas, membangun dan memfasilitasi Musholla SMA Negeri 8 Pekanbaru dengan sarana pendukung kegiatannya, baik sarana peribadatan, pendidikan dan pelatihan demi untuk meningkatkan kualitas iman dan taqwa peserta didik SMA Negeri 8 Pekanbaru, sekaligus berwawasan ilmu pengetahuan yang luas seiring dengan era globalisasi dan kemajuan zaman.
Pembangunan Mushola/Masjid di SMA Negeri 8 Pekanbaru dilaksanakan untuk menggantikan bangunan yang sebelumnya yaitu Mushola Al-Muslim, yang telah dibangun sejak tahun 1986, Mushollah kecil yang terdiri dari dua bangunan ini sudah tidak dapat menampung jamaah sholat, khususnya sholat Zuhur, Untuk mengantisipasi hal tersebut, selama ini pihak sekolah mengadakan sholat zuhur berjamaah di sebuah ruangan yang terdiri dari dua kelas yang disatukan, Namun hal ini tetap tidak memadai untuk pelaksanaan sholat berjamaah. Pada setiap sholat berjamaah terjadi pergiliran antara peserta didik.

Semoga niat luhur dan mulia dari kita semua untuk pembangunan Musholla dapat bernilai ibadah. Sehingga dengan berdirinya Musholla diharapkan dapat mencetak generasi penerus untuk membangun masyarakat yang berbasiskan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

TUJUAN

Dengan dibangunnya mushola ini, diharapkan dapat memberi manfaat dan masukan positif bagi umat, antara lain:

  1. Menyediakan tempat yang dapat mengakomodir dengan baik sekaligus nyaman untuk beribadah kepada Allah SWT bagi jama’ah sholat wajib yang dilaksanakan secara berjama’ah.

  2. Adanya sarana dan prasarana yang dapat menunjang terselenggaranya dakwah yang lebih baik dan lancar serta dapat mengakomodir berbagai kegiatan keagamaan.

  3. Meningkatkan gairah/semangat bagi masyarakat serta generasi muda Islam untuk terus belajar meningkatkan pemahaman terhadap ajaran agama Islam.

  4. Meningkatkan efektifitas pemahaman ilmu tentang ajaran agama Islam bagi para penuntut ilmu (tholibul ilmu).

  5. Sebagai sarana untuk melaksanakan kegiatan pengembangan syiar Islam serta menjalin tali silaturrohmi dan meningkatkan ukhuwah Islamiyah.

PEMBIAYAAN

Pembangunan Musholla yang terletak di SMA Negeri 8 Pekanbaru direncanakan terdiri dari 2 (dua) lantai dengan ukuran 25 m x 23 m, diperkirakan membutuhkan biaya sebesar Rp 1.706.778.000,00 (satu milyar tujuh ratus enam juta tujuh ratus tujuh puluh delapan ribu rupiah).

Pekerjaan Pendahuluan Rp 8.525.360,00

Pekerjaan Pondasi Rp 289.481.031,92

Pekerjaan Kolom ELV + 4.00 Rp 490.629.116,47

Pekerjaan Kolom ELV + 7,95 Rp 546.100.317,06

Pekerjaan Kuda-kuda dan Atap Rp 131.880.940,75

Kubah Enamel + Space Frame Rp 85.000.000,00

Jumlah Biaya Rp 1.551.616.766,20

PPN 10 % Rp 155.161.676,62

Total Biaya Rp 1.706.778.442,82

dibulatkan Rp 1.706.778.000,00

Terbilang satu milyar tujuh ratus enam ribu tujuh ratus tujuh puluh delapan ribu rupiah

Perincian Rencana Anggaran Biaya (RAB) terlampir pada lampiran 1.

SUMBER DANA

Dana untuk pembangungan musholla SMA Negeri 8 Pekanbaru ini diharapkan dari, Peserta Didik SMA Negeri 8 Pekanbaru; Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMA Negeri 8 Pekanbaru; Alumni SMA Negeri 8 Pekanbaru; Masyarakat : Orang Tua Peserta didik, Simpatisan, dan Dermawan; Instansi Pemerintah; Instansi Swasta; Sumber dana yang lain yang halal, ikhlas dan tidak terikat.

Sumbangan dari donatur dapat langsung disalurkan ke Bank Muamalat Indonesia dengan Nomor Rekening 221 004 1564 a.n. Rudi Sisyanto qq Panitia Pemb. Musholla SMAN 8 P.Baru

LAIN-LAIN

“Siapakah yang mau meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, maka Allah akan melipat-gandakan pinjaman itu untuknya, dan dia akan memperoleh pahala yang banyak. (yaitu) pada hari ketika kamu melihat orang mu’min laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, (dikatakan kepada meraka): Pada hari ini ada berita gembira untukmu, (yaitu) syurga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, yang kamu kekal di dalamnya. Itulah keberuntungan yang besar.” (QS. Al-Hadiid, 57:11-12).

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”(QS. Al-Baqarah, 2:261).

Pendirian masjid adalah pendirian rumah Allah SWT, dan hanya bisa dilakukan atas kehendak-Nya dan dilakukan secara bersama-sama dikarenakan kecintaan kita dan rasa syukur kita kepada-Nya. Kepada Allah SWT semua urusan dikembalikan dan semoga Allah Subhana Wa Ta’ala meridhoi kita semua.

Semoga niat luhur dan mulia dari kita semua untuk pembangunan Musholla dapat bernilai ibadah. Sehingga dengan berdirinya Musholla diharapkan dapat mencetak generasi penerus untuk membangun masyarakat yang berbasiskan keimanan dan ketakwaan kepada Allah.

Bagi yang berminat membantu dapat menghubungi panitia pembangunan Musholla untuk mendapatkan proposal yang lebih rinci beserta penjelasannya. Laporan keuangan musholla dapat dilihat disini sedangkan dapat donatur yang telah membantu dapat dilihat disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: