Alat-alat Optika, bagian 1

ruryAkhir-akhir ini saya ‘terpaksa’ banyak keluyuran meninggalkan sekolah, seperti bulan kemarin, 3 pekan lebih (tepatnya 24 hari) tidak bisa masuk kelas Fisika dan Geografi; tapi alhamdulillah, banyak teman-teman yang penuh ketulusan dan keikhlasan menggantikan. Jazakallahu khairon untuk Pak Khairul Anwar, Ibu Daraini Wardani, Ibu Sri Suprapti, Ibu Ayu Sundari, Ibu Eka Diana, Ibu Raudhati dan Ibu Asnetti.

Senin ini, 15 Desember 2008; lagi-lagi saya tidak bisa masuk di kelas X-10 (kelas akselerasi, kalau kelas yang lain sedang ujian semester) dikarenakan dari Sabtu, saya diharuskan mengikuti suatu kegiatan di suatu tempat, (sekitar 224 km dari Pekanbaru). Tapi proses pembelajaran harus tetap berjalan, dan kali ini saya digantikan oleh alumni Sman 8 tahun 2005, supaya siswa tidak kaget, sketsa photonya saya pasang disini, saya minta izinnya ya Ry.

Untuk siswa kelas X-10, supaya lebih hemat kertas, hand-outnya dapat diambil disini:Alat-alat Optik (1) Mata – Lup; (sebenarnya tidak hanya siswa saja yang bisa mengambil, yang lain jika berminat juga dibolehkan). Materi di hand-out ini berisikan tentang alat optik berupa mata dan lup, dan ini baru bagian pertamanya.

Dan Insya Allah ini akan saya berlakukan untuk materi-materi selanjutnya (kecuali ada musibah-musibah kecil). Jadi, era mengkopikan hand-out seperti biasa sudah bisa kita mulai akhiri.

21 Tanggapan

  1. assalamu’alaikum, pak .

    makasi u/ materinya .

    =)

    hmmm, pak .

    saya pngen menjadi muslim bukan karena orang tua saya seorang muslim .

    saya harus memulai dari mana ?

    trma ksh .

    wassalam .

    • Wa’alaykumussalam wr, wb…

      Ini diskusi kemarin ya?
      mulai dari sekarang saja…
      Insya Allah, besok selasa kita lanjutkan lg…
      Asal materi pelajaran jgn sampai ketinggalan.
      ok..

  2. assalammu’alaikum wr.wb

    terima kasih atas izin pengambilan materinya,pak.
    semoga kami bisa memahami materi tersebut dengan baik
    tentunya dengan dibantu bu Rury
    amin .

    wassalam .

  3. Salam, pak..
    Trima kasih atas materinya
    Mohon bimbingannya, pak…

  4. assalamualaikum wr.wb

    alhamdulillah, terima kasih atas materinya pak
    insya Allah saya bisa mempelajarinya dgn baik….

    semoga rohis juga dekat kpd Allah dgn bpk sebagai pembimbing

    Wassalam

  5. alhamdulillah pak, terimakasi atas materinya. . .
    semoga materi ini dapat membantu kami dalam pembelajaran. . .

    oh ya ada yang mau saya tanya kpd bpk. .
    menurut bpk, apakah hukum seorang hacker di mata islam, pak ????

    terimakasih dan wassalam.

  6. assalamu’alaikum wr.wb.
    terimakasih atas materinya pak. . .
    moga-moga aja bisa kami kerjain semuanya,.
    InsyaAllah. .

    wassalam. . .

  7. assalamualaikum wr.wb
    pak terima kasih banyak atas materinya pak semoga untuk kedepan materinya gini terus pak jadi mudah dipahami pak.

    terimakasih dan wassalam.

  8. Asslmqm…

    masih ingat dengan anggunmeka luhur prasasti pak??? hahaha…
    sy smpat kaget ketika ada sketsa wajah seorang gadis cantik di situ.
    sy pikir itu calon istri bpk…hahaha

    eh, jgn2 emg udh ada ya pak??? jgn lupa undang2 ya pak…

    lucu bgt, kak rury dpanggil ibu rury…seangkatan sm abangnya anggun tu, tetanggaan pula, kakaknya linda pula…

    • Waalaykumussalam wr. wb..
      Anggun? sy insya Allah masih mengingat org2 yg pernah sy kenal,
      kecuali beliau2 itu yg meminta sy utk tdk mengingatnya lagi, (apa memang ada ya?)
      Panggilan itu ada yg krn jabatan, krn angkatannya, atau apa…
      Jd krn bliau skrg posisinya mengajar di sklh, mk ya dipnggil Ibu, tepatnya Ibu guru,
      kalau di lingkungan yg lain ya trserah.
      bgitulah mbak…..!

  9. Assalamu’alaikum……
    g’ nyangka bisa jumpa dg Bapak di dunia maya.
    mdh2n Bapak senantiasa diberi kesehatan dan kemudahan oleh-Nya…
    Afwan ana blm bisa balik k sekolah….?
    Ternyata kewajiban itu lebih banyak dari waktu yang tersedia( mdh2n bnr),
    ttp salam bwt adik2 rohis ya pak..

    • Waalaykumussalam wr. wb..
      Alhamdulillah…. smoga…..
      kwajiban sbnarnya tidak lebih banyak dari waktu yang tersedia,
      karena Allah Yang Maha Mulia tidak akan sewenang-wenang memberikan sesuatu diluar batas kesanggupan manusia. bukankah begitu?
      Ingat, Allah tidak akan menzalim hamba-Nya.
      Wassalaam….

  10. assalamualaikum wr.wb,.

    terima kasih hand-out-nya pak,.
    o ya pak,.
    gimana dengan nilai uh geo kelas x-1 pak??
    dan materi geo tidak dimasukkan ke blog ini pak??

  11. assalamu alaikum wrb. walaupun sy belum punya situs, tapi seneng buka situs pak rudi. trims n matur nuwun .semoga Allah selalu meridhoi. Amin.

  12. […] format pdf di blog ini  ketika mengajar di Kelas Akselerasi  yaitu dapat dibaca atau didownload disini; (letak download berbentuk pdf pada bagian akhir tulisan […]

  13. asslm.salam kenal pak…Maaf saya suka dengan tulisan bapak…tu membantu saya buat ngeles anak didik saya..tapi saya butuh materi OPTIK tapi ko tidak bisa di download ya pak?

  14. Waduh bapak…ko saya tetap tidak bisa downloadnya ya yang alat optik…yang bisa saya download hanya materi teropong sama latihan soalnya saja pak…yang lain bertuliskan seperti ini pak “http://tempatberbagi.files.wordpress.com/2008/12/ho-alat-optika-_1_-mata-lup.pdf”, terima kasih sebelumnya pak!!!

    • wah, seharusnya bisa; saya brusn mncoba mndownload seperti di url yang dikrmkan; coba kopikan url itu (“http://tempatberbagi.files.wordpress.com/2008/12/ho-alat-optika-_1_-mata-lup.pdf) ke alamat browser, insya Allah nanti akan terbuka;
      nanti kalau gak bisa juga, sy kirmkn sj filenya; tpi dalam format pdf atau file .odt (open office); karena sy gak pakai microsoft office.

  15. Mas saya mohon ijin untuk menggunakan tulisan-tulisan mas Rudy. Thanks
    saya juga seorang guru fisika di pesisir pantai selatan, yang punya cita-cita menjadi guru yang baik dan benar meskipun masih sangat jauh dari harapan.

Tinggalkan komentar